POPULAR STORIES

Mazda "Adaptive · LED · Headlights" Menangkan Kids Design Award Ke 9

Mazda "Adaptive · LED · Headlights" menangkan Kids Design Award ke 9 Mazda cx-5 (foto: www2.mazda.com)

Dikutip dari laman resmi Mazda di Jepang,www2.mazda.com, Teknologi "Adaptive · LED · headlights" milik Mazda yang saat ini digunakan di Mazda CX-5 dan Mazda Atenza kembali mendapatkan penghargaan pada acara penghargaan Kids Design Award ke-9 tahun 2015 yang disponsori oleh Agensi Konsumen dari Kementrian Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang.

'Kids Design Award', sendiri merupakan salah satu apresiasi dari pemerintah Jepang kepada masyarakat dan para industrialis Jepang yang memiliki syarat 3 misi desain, yaitu “desain dengan kontribusi untuk keselamatan dan keamanan anak-anak”, “desain yang merangsang kreatifitas anak di masa depan”, dan “desain yang merangsang tingkat kelahiran anak”. Tunggu...

“Tingkat kelahiran anak?” ya tentu saja, seperti yang kita ketahui masyarakat di Jepang saat ini selain terkena imbas krisis ekonomi dunia dan krisis politik dengan Tiongkok juga sedang mengalami krisis dalam sektor tingkat kelahiran anak karena beberapa sebab, termasuk diantaranya karena banyaknya penduduk Jepang yang menikah di usia tua hingga sulit untuk memperoleh anak, kondisi yang sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan Indonesia. Kembali ke masalah desain, pemenang penghargaan ini juga diganjar dengan label "Kids Design mark (KD mark)", semacam emblem “Superbrand” di Indonesia yang menunjukkan bahwa sang pemenang merupakan industri yang bonafid serta peduli dengan konsumennya.

"Adaptive · LED · headlights" Sendiri merupakan salah satu sistem keselamatan dan keamanan berkendara aktif dari Mazda untuk mempermudah pengemudi memperhatikan jalanan di malam hari. Lampu ini memiliki fungsi sebagai lampu anti-silau (anti-glare high beam) untuk kendaraan dari arah lain dan lampu 'low beam' dengan penyebaran cahaya melebar untuk mempermudah pengemudi dalam memantau sisi jalan yang gelap seperti pada ilustrasi berikut.

"Glare-free / anti-glare high beam"

"Wide light distribution low beam"

Penghargaan ini diraih oleh Mazda untuk kedua kalinya saat memenangkan “Kids Design Award” ke-8 pada tahun 2014. Menurut siaran pers Mazda disebutkan, “Mazda akan terus berkomitmen di masa depan untuk meneliti dan mengembangkan teknologi keselamatan agar memberi kenikmatan berkendara sambil berpartisipasi dalam kampanye keselamatan jalanan, dengan demikian pola hidup konsumen kami akan lebih kaya dan hubungan antara kami dan konsumen makin terjalin erat.”

Baca juga: