POPULAR STORIES

Memodifikasi Motor 2 Tak Dan 4 Tak Menjadi Motor Trail

Memodifikasi Motor 2 Tak dan 4 Tak Menjadi Motor Trail Perbedaan asli motor 4 tak yang sudah di modifikasi menjadi supermoto (Dok. Kabaroto/Noza)

Kabaroto.com - Mengubah atau memodifikasikan motor 2 tak sampai 4 tak menjadi model motor trail yang keren akhir-akhir ini, motor trail memang lagi ngehits mulai dari anak kecil, hingga anak dewasa semua menyukai motor yang satu ini. Motor trail memang motor dengan sejuta sensasi. Memang harga asli motor jenis ini memang mahal.

Baca :

tail
Motor 2 tak menjadi model trail

Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi, sekarang hanya dengan modal motor 2 tak Tak 4 tak bekas saja kita bisa membuat motor trail sendiri. Ada beberapa, yang harus diperhatikan dalam membuat motor trail ini, selain mengubah pakem motor asli, sobat kabaroto juga harus beli berbagai macam spare part.

Hal yang harus di persiapkan untuk menjadi motor trail kekinian :

  • Siapkan kerangka motor

Ada langkah pertama, yakni kerangka. karena, kerangka ini adalah modal awal motor trail jika sobat kabaroto memiliki budget yang banyak, bisa beli langsung bodinya. Jika tidak, bisa membuat sendiri chasisinya di tukang las. Tinggal bagaimana anda menginginkan bodinya. Rata-rata bodi motor trail jadi jadian ini lebih ringkas jika dibanding aslinya. Tinggal kita memotoong beberapa bagian yang harus kita buang.

  • Cari monoshock belakang yang bagus dan shock depan yang bagus

Selanjutnya, membuat nyaman motor untuk dikendarai. Caranya adalah dengan membuat sistem peredaman atau suspension system. Motor trail lebih baik jika kita menggunakan monoshock. Kenapa menggunkan monoshock?, karena sisitem mono ini memungkinkan motor dapat lebih ringan dan lebih nyaman. Pilih monoshock yang bagus agar lebih anteng dan lebih ringan saat dikendarai. Untuk shock bagian depan, gunakan yang soft atau lembut.

  • Ganti sistem pengeremanya dengan rem cakram

Lalu selanjutnya, ganti rem tromol dengan rem cakram, ini bertujuan agar saat akselerasi daya remnya lebih pakem.

  • Ganti tangki motor

Penggantian ini harus sesuai dengan bentuk motor trail, tujuan penggantina ini agar motor lebih matching saat dilihat dan lebih ringan. Biasanya tangki ukuran 2 literan yang sering digunakan.

  • Ganti ban biasa dengan ban trail

Bagian ini sangat wajib, ganti ban biasa dengan ban trail. Tujuannya agar motor lebih gahar dan terkesan sebagai motor trail yang sesungguhnya.

  • Stel mesin agar lebih kencang

Wajib yang kita lakukan, penyetelan mesin untuk motor trail. Biasanya, motor manual yang kita gunakan untuk trail kita ubah dengan kopling, ini bertujuan agar saat digunakan lebih mantap. Kita korek mesinya agar lebih kencang.

Berita Terkait

Berita Terkait