POPULAR STORIES

Mengapa Mobil Jepang Laku Di AS Dan Mobil AS Tak Laku Di Jepang?

Mengapa Mobil Jepang Laku di AS dan Mobil AS Tak Laku di Jepang?

Presiden Amerika Serikat Donaldo Trump mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe guna membahan masalah perdagangan antar kedua negara pada Jumat (10/2/2017).

Masalah utama yang menjadi topik pembahasan dalam pertemuan tersebut adalah defisit ekspor-umpor dari kedua negara yang makin melebar. Gap terbesar terdapat di sektor otomotif.

Alasannya, produsen mobil Jepang semakin menguasai pasar AS. Sementara itu, penjualan mobil AS di jepang terus menurun setiap tahunnya.

Produsen AS hanya bisa menjual 13 ribu mobil di Jepang sepanjang 2015 dan 2016. Itu pun, tiga perempatnya dikuasai oleh merek Jeep yang berada di bawah Fiat Chrysler Automobiles (FCA). Bahkan, Ford Motor memutuskan hengkang dari Jepang karena hanya mampu menjual 2.400 mobil sepanjang 2016.

Data Kementerian Perdagangan AS pekan ini, seperti dikutip dari Reuters, menyebutkan defisit perdagangan AS dengan Jepang pada 2016 mencapai USD68,9 miliar. Dari jumlah itu, USD52,6 juta di antaranya berasal dari kendaraan dan komponen.

Berita Terkait

Berita Terkait