POPULAR STORIES

Mengisi BBM Hingga Penuh Ternyata Tidak Baik?

Mengisi BBM Hingga Penuh Ternyata Tidak Baik? Bahan bakar butuh udara agar tidak mengendap disarankan untuk stop melakukan pengisian setelah bunyi Plop dari nozzle pengisian SPBU. (Foto: KabarOto/Bimo Hariyadi)

Selama ini banyak orang yang mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) pada mobil hingga penuh bahkan luber mencapai bibir lubang. Pasalnya, pengisian Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga penuh tersebut tidak baik, nah kok bisa seperti ini, yuks simak alasannya.

Memang dari segi kenyamanan baik, kita tidak perlu kawatir kehabisan bahan bakar ditengah jalan. Namun ada hal yang perlu bro and sist ketahui, jika mengisi bahan bakar pada sebuah mobil hingga penuh itu ternyata tidak baik. Ada beberapa hal diantaranya. 

1. Bahan bakar butuh udara agar tidak mengendap disarankan untuk stop melakukan pengisian setelah bunyi Plop dari nozzle pengisian SPBU. Itu tanda pengisian sudah mau penuh.

2. Kenapa harus menyisakan space? Karena bensin yang mengucur dari selang pengisian bisa terhisap balik ke tangki SPBU, sehingga sebagian bensin yang kita bayar akan kembali masuk ke tangki SPBU. Ini terjadi karena mesin pengisian bahan bakar modern sudah dilengkapi dengan penghisap uap bensin. Saat selang pengisian mendeteksi bahwa bensin yang diisikan sudah, maka penghisap akan otomotasi menyedot uap bensin yang keluar dari lubang pengisian mobil atau motor.

3. Tangki bensin butuh ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma.

4. Uap bensin sangat berbahaya untuk kesehatan. Setiap bensin yang tumpah atau menguap, menjadi faktor penyumbang polusi udara. Jangan lupa, setiap bensin yang tumpah saat pengisian BBM yang berlebihan, harus Anda bayar juga. Demikianlah yang dikutip dari daihatsu.co.id

 

Baca Juga: