POPULAR STORIES

Merawat Aki Juga Penting, Begini Caranya

Merawat Aki Juga Penting, Begini Caranya Aki pada mobil atau motor juga perlu dirawat, tujuannya agar kondisi aki tetap bisa bekerja dengan normal. (foto: istimewa)

Aki pada mobil atau motor juga perlu dirawat, tujuannya agar kondisi aki tetap bisa bekerja dengan normal. sama halnya dengam mesin, jika tidak dirawat dengan baik maka kondisinya akan cepat rusak, dan tidak akan berfungi dengan baik. Tentunya akn mengurangi performa berkendara anda, seperti tidak bisa di stater atau lampu menjadi tidak terang bahkan tidak menyala.

Berikut Legoso Aki memberikan cara merawat aki yang baik dan benar, agar usia Aki bisa panjang:

1. Pada Aki basah anda harus selalu melakukan pengecekan kondisi air aki harus tetap diposisi antara lower dan upper. Tambahkan air aki jika jumlahnya sudah muli berkurang. Ini sangat penting karena saat mesin hidup maka akan terjadi pengisian dari alternator ke accu yang bisa menimbulkan panas apabila air aki kurang akan terjadi panas di sel accu-nya. Ini bisa membuat melengkung dan yang paling parah akan terjadi hubungan pendek di sel accu yang membuat aki tidak bisa menyimpan arus.

2. Kutub Aki harus terbebas dari jamur. Selalu bersihkan kutub aki yang terdapat jamur yang menempel, caranya siram dengan air panas. Setelah melepas kutub aki bersihkan dengan amplas halus, kemudian pasang kembali. Berikan grease (gemuk) secukupnya di bagian luar lingkar kutub accu agar tidak mudah terjadi karat.