POPULAR STORIES

Merawat Mesin Mobil Itu Mudah, Berikut Caranya

Merawat Mesin Mobil Itu Mudah, Berikut Caranya Ilustrasi mesin mobil (Foto: kiosban)

KabarOto Tematik- Ternyata merawat mesin mobil itu sangatlah mudah. Tidak perlu dirisaukan atau pun harus ke bengkel. Bro and Sist bisa melakoninya sendiri.

Ada empat cara merawat engine mobil, ganti oli secara berkala, cek air radiator, bersihkan filter karburasi dan terakhir paculah mobil Anda. Yang perlu diingat adalah baik mobil lama atau pun mobil baru, keduanya harus dirawat dengan baik (matic atau pun manual). Kendaraan ini memerlukan perawatan berkala.

Pertama, ganti oli berkala. Ganti oli secara berkala adalah hal yang penting dan jangan dianggap sepele. Gantilah oli mesin dan oli persneling tepat waktu sesuai dengan standar masing-masing tipe mobil. Ganti oli secara tepat waktu dapat menghindari terjadinya panas berlebihan pada mesin mobil Bro and Sist.

Kedua, yang tidak boleh terlewatkan juga adalah cek air dan cairan radiator. Hal ini untuk menetralisir panas mesin mobil. Jika air radiator kosong bukan hanya menimbulkan kerusakan pada mesin, namun juga dapat membahayakan pengemudi kendaraan. Kekosongan air pada radiator akan menimbulkan panas yang disebut overheat pada mesin. Periksalah air radiator secara berkala.

Tiga, bersihkan filter karburasi. Filter karburasi mobil Anda kotor akan akibatkan mesin sulit dihidupkan. Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

"Membersihkan saringan filter karburasi ini tidaklah sulit cukup gunakan sikat gigi untuk melepas kerak dan kotoran yang menempel pada sarigan. Hindari penggunaan hairdryer atau compressor ketika membersihkan filter karburasi yang akan akibatkan kerusakan pada lapisan filter karburasi," jelas Iman Auto Service di wilayah Jakarta Timur ini. 

Jika ketiga di atas tersebut telah dilakukan dengan benar, maka tahap terakhir adalah paculah mobil Anda. Tujuannya untuk menghilangkan kerak yang terdapat pada mesin. Tentunya di dalam menggeber kendaraan Anda ini, Anda harus memperhatikan faktor keselamatan safety riding. Nantinya kotoran yang ada di mesin tersebut akan keluar melalui knalpot. (dan)

Baca Juga: 

Mau Tahu Cara Merawat Cat Mobil agar Awet, Simak Tipsnya  
Bagaimana Menjaga AC Mobil agar Dingin? Simak Caranya