POPULAR STORIES

Mercedes Kembali Raih Juara Konstruktor Di Rusia

Mercedes Kembali Raih Juara Konstruktor di Rusia Mercedes juga berhasil memenangkan juara konstruktor Formula 1 di Rusia (Foto: formula1)

Kemenangan Lewis Hamilton di Sochi Autodrom seperti memberikan deja vu saat tahun 2014 lalu Mercedes juga berhasil memenangkan juara konstruktor Formula 1 di Rusia, sayangnya Nico Rosberg gagal membantu dominasi Mercedes saat dirinya harus keluar dari balapan di lap ke-7 akibat masalah teknis pada sensor pedal gas mobilnya.

Selain itu podium di Formula 1, di Rusia kali ini juga penuh warna dengan finishnya Sebastian Vettel di posisi ke-2 dan podium pertama untuk Sergio Perez yang finish di posisi ke-3 akibat insiden dramatis di lap terakhir yang melibatkan Valtteri Bottas dan Kimi Raikkonen.

“Saya sedang berada di posisi P3 di lap terakhir dan tiba-tiba saya ditabrak dari belakang di tikungan ke-4 dan itulah akhirnya. Sulit untuk menjelaskan kekecewaan saya karena tim telah bekerja keras untuk meraih hasil terbaik, dan ketika kami merasa hasil tersebut akan memuaskan-hilang di lap terakhir tersebut. Sungguh akhir pekan yang sulit,” ujar Bottas setelah balapan berakhir di Formula 1 seperti yang dikutip dari formula1.com.

Pasca insiden tersebut yang membuatnya tersingkir, Bottas terlihat kesal karena ia tak dapat mendapatkan podium ke-3 kembali seperti tahun lalu. Sedangkan Raikkonen diputuskan bersalah oleh tim Steward balapan dan menghukumnya dengan tambahan waktu 30 detik, membuat posisinya berada di urutan ke-8. Selain insiden antara Bottas dan Raikkonen, terjadi tabrakan lain saat Nico Hulkenberg kehilangan traksi ban dan menghantam Marcus Ericsson di tikungan ke-2 serta membuat Safety Car keluar. Efek tabrakan tersebut juga menghambat Max Verstappen karena mengalami kebocoran ban akibat melindas pecahan komponen mobil Hulkenberg dan Ericsson. Safety Car juga turun ke lintasan di lap ke-12 hingga 16 saat Romain Grosjean menabrak dinding pembatas di tikungan ke 3 dengan sebab yang sama seperti Hulkenberg.

Walau Mercedes memenangkan juara konstruktor, namun kemeriahan terbesar hadir di tim Force India dengan podium ke-3 yang diraih oleh Sergio Perez karena insiden antara kedua pebalap asal Finlandia, Bottas dan Raikkonen. Podium ke-3 tersebut memberikan podium pertama bagi Force India di musim balap 2015 sejak balapan di Bahrain tahun 2014 lalu. Di urutan klasemen pebalap sementara, Hamilton masih berada di atas dengan 302 poin, diikuti oleh Vettel dengan 236 poin dan Rosberg yang turun posisi ke-3 dengan 229 poin. Walau juara konstruktor sudah didapatkan, juara pebalap masih diperebutkan di sisa 4 balapan di Amerika Serikat, Meksiko, Brazil dan Abu Dhabi.

Baca Juga: