POPULAR STORIES

Mobil Kapasitas Mesin Kecil Dan SUV Jadi Primadona IIMS 2017

Mobil Kapasitas Mesin Kecil dan SUV Jadi Primadona IIMS 2017 Foto: Istimewa

Kabaroto.com - Mobil kecil berkapasitas mesin 1.200- 1.500 cc dan sport utility vehicle (SUV) masih menjadi pilihan yang dgemari masyarakat di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017. Dua jenis mobil itu cocok dengan daya beli dan selera konsumen, serta kontur jalan Indonesia.

Mobil-mobil primadona tersebut bakal mendorong pencapaian target omzet selama pameran sebesar Rp3,1 triliun serta target penjualan mobil nasional sebesar 1,1 juta unit per tahun

Tiga mobil kecil anyar ini, yakni Suzuki Ignis, Toyota New Agya, Daihatsu New Ayla. Adapun dua SUV, All New CR-V turbo dan Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2, dilepas pada pembukaan IIMS ini.

Dari pantauan selama dua hari pameran IIMS, pengunjung sangat antusias melihat lima jenis mobil tersebut. Mereka mencermati dengan seksama bagian eksterior, interior, dan fitur-fitur yang disematkan pada mobil-mobil tersebut.

Maka tak heran jika mobil- mobil itu menjadi primadona di pameran yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, 27 April-7 Mei 2017.

Di luar mobil kecil dan SUV, duet maut Toyota Calya dan Daihatsu Sigra juga diperkirakan menyedot banyak pembeli selama IIMS. Soalnya, dengan menyandang status mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) seperti Agya dan Ayla, Cayla dan Sigra unggul dari sisi harga. Selain itu, dua mobil itu berkapasitas tujuh penumpang ini sangat cocok dengan selera konsumen mobil Indonesia.

Ratna, pengunjung IIMS mengatakan memilih kendaraan jenis SUV. Alasannya, bodi SUV lebih besar dan kabin lapang. Rencananya, dia membeli Pajero Sport atau Ignis, urban SUV keluaran terbaru Suzuki. “SUV menjadi pilihan utama saya, karena anggota keluarga saya banyak,” ujarnya.

Sedangkan Jenny berniat mencari mobil murah, karena harganya terjangkau. “Saya bingung mau beli Cayla atau Sigra, sehingga saya ke IIMS untuk melihat langsung,” katanya.

Pengunjung lain, David, mengatakan, LCGC merupakan mobil yang cocok untuk konsumen sederhana. Apalagi, uang muka (down payment/DP) LCGC terjangkau.

“Saya memilih Daihatsu Sigra,” ujar David. LCGC termasuk mobil kecil, karena mesinnya 1.000-1.200 cc, sesuai peraturan yang dirilis Kementerian Perindustria (Kemenperin).

Kebanyakan LCGC yang beredar berjenismobil kota (city car), seperti duet Agya-Ayla, Honda Brio Satya, Datsun GO, dan Karimun Wagon R serta MPV, seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Datsun Go Panca.

Berdasarkan data yang diperoleh tenaga penjual di booth beberapa APM, surat pemesanan kendaraan (SPK) LCGC dan SUV cukup tinggi. Dalam dua hari IIMS 2017, SPK Cayla mencapai 30 unit, Sigra 25 unit, dan Pajero Sport 15 unit.