POPULAR STORIES

Motor Anda Ngempos Dan Brebet? Ini Tips Dan Solusinya

Motor Anda Ngempos dan Brebet? Ini Tips dan Solusinya Efeknya, ketika motor diajak lari tiba-tiba ngempos. Masalah ini biasanya timbul secara dadakan. (Foto Istimewa)

‎Motor Bro and Sist ngempos dan brebet? Tips inilah yang harus dijalankan agar sepeda motor Anda jalan lancar.

Sepeda motor yang Anda tunggangi ngempos dan brebet jangan khawatir ada solusinya. Di sini media online kabaroto akan memberikan tips terhadap sepeda motor Anda tersebut. Kendalanya alias penyakitnya ada di karburator. Karena itulah jangan anggap remeh karburator di motor Anda. Iya seringkali ini dinomor tigakan untuk perawatannya.

Efeknya, ketika motor diajak lari tiba-tiba ngempos. Masalah ini biasanya timbul secara dadakan. Jika motor berlari di RPM tinggi dan kemudian brebet dan mesin tak mau teriak pada putaran tinggi seperti suara bensin mau habis (hanya bisa stasioner saja). Ini langkah atau tips yang wajib dijalani.

Buka karet filter atau copot dan putar kesamping, hingga mulut karburator terlihat. Selanjutnya, tutup mulut karburator dengan tangan tapi jangan terlalu rapat. Kemudian langkah berikutnya adalah stater atau genjot hingga tangan terasa basah oleh bensin.

Tahap berikutnya yakni, nyalakan mesin dan pelintir gas secara langsam. Bila masih terasa tersendat tutup mulut karburator dalam keadaan mesin masih hidup. Dengan cara tutup mulut karburator dalam keadaan mesin slow (putaran mesin menurun dari RPM tinggi ke rendah). Sekarang coba pelintir lagi gas secara langsam. Bila brebet sudah hilang dipastikan jeroan karbu mulai kotor.

Biasanya itu terjadi pada motor keluaran anyar. Tetapi bila brebetnya belum hilang bro and sist harus membawa motornya ke bengkel, harus di service.

Baca Juga: