POPULAR STORIES

Motor Listrik Nasional 'GESITS' Miliki Kecepatan 100 KM/jam

Motor Listrik Nasional 'GESITS' Miliki Kecepatan 100 KM/jam Motor listrik GESITS memiliki kecepatan yang sama dengan motor skuter bermesin bahan bakar bensin 125cc. (Foto: Kabaroto)

Kabaroto.com- Sejak peluncuran prototype GESITS pada bulan Mei 2016, motor listrik nasional ini telah mengalami perkembangan yang signifikan antara dengan lain menandatangani nota kesepahaman (MoU) dari beberapa perusahaan nasional termasuk Perusahaan Listrik Nasional (PLN) dan Telkom.

Pada bulan November 2016, 5 skuter GESITS berhasil menempuh jarak sekitar 1.200 kilometer dalam perjalanan Tour de Jawa Bali dari Jakarta ke Denpasar, Bali. Perjalanan ini merupakan rangkaian uji coba beberapa aspek, kapabilitas, performa dan efisiensi.

GESITS dilengkapi dengan mesin tenaga listrik 5KW dan 3KW. Motor listrik ini dapat menempuh jarak sejauh 80 – 100 kilometer dalam satu pengisian baterai menghasilkan kecepatan maximal sampai dengan 100km per jam. Kecepatan tersebut setara dengan motor skuter bermesin bahan bakar minyak 125cc.

Skuter listrik nasional ini membutuhkan sekitar 1,5 – 3 jam untuk sekali pengisian baterai melalui stopkontak. Apabila tidak sempat mengisi ulang sendiri, Gesits memberikan kemudahan penggantian baterai dengan system swap (tukar tambah).

Dengan sistem ini, para konsumen dapat melakukan penggantian baterai di tempat fasilitas umum termasuk SPBU maupun minimarket. Kemitraan GESITS bersama PLN akan menyediakan stasiun penggantian baterai isi ulang di setiap SPBU.

Baca Juga: