POPULAR STORIES

Motor Matik Vario Mendadak Mati, Ini Cara Mengatasinya

Motor Matik Vario Mendadak Mati, Ini Cara Mengatasinya


Motor matik Honda Vario menjadi satu di antara yang paling diminati oleh orang Indonesia. Lantas, apa yang harus dilakukan ketika motor matik Vario Anda mendadak mati.

Terkadang ketika sedang berada di jalan, motor Vario tiba-tiba mati dan tak bisa dinyalakan lagi. Saat diengkol maupun di double starter, motor Vario Anda tetap tidak bisa menyala. Jika mengalami hal seperti ini, lantas apa yang harus Anda lakukan.

Pertama, pastikan kondisi aki baik dengan cara saat kunci kontak ON, lampu indikator speedometer menyala normal dan jarum bergerak normal.

Jika ada problem di sistem injeksi pasti akan ada kedipan di lampu MIL yang ada di speedometer. Dan kedipannya bukan hanya sekali namun beberapa kedipan.

Kedipan itu menandakan ada bagian di komponen injeksi yang problem, mungkin ada sambungan kabel yang putus, biasanya karena dimakan tikus.

Kalau tidak ada kedipan yang aneh, namun motor masih belum bisa menyala, pastikan bahan bakar atau bensin terisi secukupnya.

Ketika mengengkol, coba Anda rasakan apakah terasa ringan atau berat. Hal ini berguna untuk merasakan tekanan kompresi di dalam mesin. Kalau terasa ringan, ada kemungkinan kompresi lemah, jika terasa berat, berarti kompresi normal, kemudian lakukan pengecekan busi sekaligus percikan api businya.

Perhatikan kondisi businya kalo terlihat basah atau hitam, ini kemungkinan penyebab mesin mati, cukup bersihkan busi tersebut dengan di lap kain kering saja lalu coba tes api busi dengan menempelkan busi pada blok mesin atas dan menyalakannya dengan stater kalau keluar api busi berarti kondisi busi baik.

Sebelum memasang kembali, gunakan lap kering tadi untuk menutup lubang busi lalu mesin diengkol 3 – 5 kali untuk membuang kotoran atau karbon basah yang ada di dalam blok silinder, selanjutnya pasang kembali businya dan coba kembali nyalakan mesinnya.

Berita Terkait

Berita Terkait