Negara Ini Larang Warganya Miliki Mobil Warna Hitam

Dimas Satrio Utomo
Dimas Satrio Utomo 12 Jan 2018 - 15:36
Negara Ini Larang Warganya Miliki Mobil Warna Hitam
Deretan mobil warna hitam (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Di Indonesia, sebagian masyarakatnya menyukai mobil warna hitam. Alasannya, mobil hitam terlihat lebih elegan dan nilai purna jualnya tetap tinggi. Namun, hal itu tidak berlaku di Turkmenistan, salah satu negara di Asia Tengah.

Awal 2018 ini pemerintah Turkmenistan memutuskan melarang setiap warganya memiliki mobil berwarna hitam. Larangan ini mendapatkan instruksi langsung dari Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhamemedov.

Baca Juga: Ini Dia Negara yang Berencana Melarang Penjualan Mobil Bensin dan Diesel

Aturan ini memaksa warganya untuk mengecat ulang mobil mereka menjadi putih. Bahkan, yang paling kejam, pemerintah Turksmenistan menyuruh bengkel-bengkel cat mobil setempat untuk menaikkan jasa cat bodi mobil dari yang semula 500 dolar AS (Rp 6.681.875) menjadi 1000 dolar AS (Rp 13.363.750)

Berdasarkan laporan yang dilansir Motor1, Jumat (12/1/2018), Pemerintah Turkmenistan belum membuat pernyataan resmi mengenai alasan di balik larangan mobil warna hitam, namun diyakini Presiden Turkmenistan, Gurbanguly Berdymukhammedov percaya takhayul bahwa sesuatu yang berwarna hitam akan membawa sial.

Baca Juga: Mobil Diesel dan Bensin Dilarang Melintas di California

Hal itu cukup beralasan. Pasalnya Gurbanguly menyukai warna putih. Bahkan seluruh mobil serta Istana Presiden di dominasi warna putih.

Bukan kali ini saja Pemerintah Turkmenistan mengeluarkan peraturan nyeleneh. Sebelumnya ada larangan memakai kaca mobil berwarna di tahun 2014 dan membatasi ukuran mesin pada mobil impor di tahun 2015.

Editor : ballian