POPULAR STORIES

Niat Tesla Bangun Pabrik Mobil Listrik Di China Akan Terealisasi

Niat Tesla Bangun Pabrik Mobil Listrik di China Akan Terealisasi Tesla Model X (foto: Carscoops.com)

Kabaroto.com- Tesla dilaporkan semakin dekat dengan kata sepakat untuk membangun pabrik di China. Tesla sendiri melakukan negosiasi dengan pemerintah kota Guangzhou soal niatnya membangun pabrik mobil listrik di Lingang Development Zone.

Dibawah aturan yang ada di China, Tesla diharuskan membentuk perusahaan patungan (joint venture) dengan minimal satu perusahaan otomotifi China. Pembangunan pabrik baru ini dilakukan Tesla demi meningkatkan daya saing mobil listrik produksi lokal dan memperluas jaringan mobil listriknya demikian seperti dikutip dari laman Carscoops.

Tesla Model X

Selain itu, dengan memiliki pabrik dan memproduksi secara lokal memunginkan Tesla untuk menghindari 25 persen pajak impor yang saat ini masih berjalan pada Tesla Model S, Tesla Model X dan yang mendatang Tesla Model 3.

Meskipun didera tingginya biaya pajak, penjualan Tesla tahun lalu masih terus merangkak naik bahkan mencapai tiga kali lipat dengan nilai lebih dari 1 miliar dollar AS setara Rp13,3 triliun di China.

Diketahui China menjadi pasar terbesar di dunia untuk kendaraan listrik sejak 2015 dan pemerintahan China terus mendorong peningkatan penjualan mobil Plug-in Hybrid dan mobil listrik sampai 10 kali lipat hingga 10 tahun ke depan.

Baca juga: