POPULAR STORIES

Nicky Hayden Akhiri Karir Di MotoGP Dan Hijrah Ke World SBK Bareng Honda

Nicky Hayden Akhiri Karir di MotoGP dan Hijrah ke World SBK bareng Honda Nicky Hayden (foto:sentralpos.com)

Juara dunia MotoGP 2006, Nicky Hayden resmi mengakhiri karirnya di MotoGP dan akan hijrah ke World SBK tahun depan bersama Ten Kate Honda dan bertandem dengan juara World Supersport 2014, Michael van der Mark. Hal ini diumumkan secara resmi oleh Honda Pro Racing pada hari Kamis (8/10).

Sesi konferensi pers kemarin jelang MotoGP Motegi 2015 diwarnai kesedihan. Sesi yang dihadiri enam pembalap Aleix Espargaro, Andrea Iannone, Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, Dani Pedrosa dan Nicky Hayden tersebut diawali dengan pernyataan dari Hayden.

Aksi Nicky Hayden (foto:sentralpos.com)

 

Pembalap tim Aspar Honda itu mengumumkan perpisahan dirinya dengan dunia MotoGP mulai musim depan.“Setelah dua tahun yang sulit bagi saya di ajang MotoGP, superbike adalah hal yang selalu saya impikan. Jadi musim depan saya akan bergabung dengan tim Honda Ten Kate Racing,” ungkap Hayden, seperti dikutip dari laman Superbike-news.

Hayden menjalani debutnya di MotoGP pada tahun 2003 bersama Repsol Honda setelah mengunci gelar AMA Superbike 2002. Kala itu ia ditandemkan dengan Valentino Rossi dan menyaber gelar rookie of the yeardengan mengakhiri musim di peringkat kelima.

Meraih gelar dunia dengan tim yang sama pada tahun 2006, The Kentucky Kid hengkang ke Ducati dan membela pabrikan Italia itu selama musim 2009-2013. Pada tahun 2014, pebalap asal Amerika Serikat berusia 34 tahun ini membela Aspar Team di atas motor Honda Open RCV1000R dan RC213V-RS.

Berikut pernyataan resmi Nicky Hayden:
"Pemberhentian saya selanjutnya adalah Superbike bersama Honda! Saya sangat bersemangat bertahan bersama Honda, di sana lah saya meraih banyak sukses selama berkarir. World SBK merupakan kejuaraan yang saya ikuti ketika masih banyak pebalap Amerika Serikat bertarung di sana. Rasanya ini waktu yang tepat untuk turun di sana dengan tim yang tepat pula. Saya tahu saya harus banyak belajar dan ini akan jadi tantangan besar, tapi saya juga bersemangat untuk memulainya. Terima kasih kepada semua orang yang selalu mendukung saya selama berkarir di MotoGP. Kami tampil baik, tapi kini saatnya pindah dan mencoba hal baru."

Baca juga: