POPULAR STORIES

Pameran Terbesar Otomotif Di Pulau Sumatera Telah Di Buka

Pameran Terbesar Otomotif Di Pulau Sumatera Telah Di Buka Pameran Terbesar Otomotif Di Pulau Sumatera Telah Di Buka (Foto: Istimewa)

Kabaroto - Dyandra Promosindo kembali menyelenggarakan pameran otomotif terbesar di pulau Sumatera. Pameran Otomotif Medan (POM) secara resmi dibuka hari ini (17/05). POM digelar selama lima hari mulai dari 17 - 21 Mei 2017 bertempat di Santika Dyandra Convention Center. Pembukaan pameran otomotif yang telah memasuki tahun ke-6 ini dihadiri oleh perwakilan APM serta beberapa pejabat daerah antara lain Binsar Situmorang, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan Sumber Daya Alam Pemerintah Provinsi Sumatera Utara; Qamarul Fattah, Asisten Wali Kota Medan Bidang Ekonomi dan Pembangunan; Kompol Ropinus Simarmata, dan Kasubbag Humas Kapolrestabes Medan.

Binsar Situmorang, Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, Pembangunan, Aset dan Sumber Daya Alam Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mengapresiasi penyelengaraan POM untuk yang keenam kalinya ini. “Merupakan kehormatan Medan selalu dipilih sebagai tempat pameran otomotif oleh Dyandra Promosindo selain kota besar seperti Jakarta, Makassar, Surabaya, Yogyakarta dan Semarang. Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi di Medan cukup signifikan. Kami berharap melalui pameran ini, bisa mendorong perkembangan otomotif di Medan, mulai dari perkembangan pasar, industri dan investasi, serta citra otomotif di dunia internasional,” jelas Binsar.

Binsar juga menambahkan bahwa POM bisa menjadi ajang unjuk kompetensi dan kompetisi yang berguna menambah pengetahuan industri otomotis bagi masyarakat Medan, contohnya seperti tahun lalu di POM tampil mobil buatan mahasiswa dari Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Medan, dan Sekolah Tinggi Teknik.

Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo juga menambahkan bahwa POM merupakan salah satu kegiatan otomotif kebanggaan di Kota Medan. “Kami berupaya mengubah paradigma pameran otomotif di tanah air bukan hanya sekadar ajang penjualan mobil atau motor, namun juga melibatkan seluruh industri pendukung mulai dari aksesoris, aftermarket, tuning, dan modifikasi. Inilah maksud dari konsep the essence of motor show yang selalu kami usung dalam setiap pameran otomotif yang kami gelar,” ujar Hendra.

“Kami ingin unsur kegembiraan selalu terasa dalam setiap penyelenggaraan event pameran otomotif yang dilaksanakan, untuk memberikan pengalaman yang berkesan pada pengunjung, baik saat industri otomotif sedang naik maupun pada saat sedang lesu. Selain itu, kami juga selalu berupaya meningkatkan pelayanan dengan menampilkan program-program inovatif yang berbeda,” tambah Hendra.

Pada POM 2017 ini, panitia memiliki 2 program unggulan yang diharapkan bisa menjaring antusiasme warga, yaitu SIM Corner yang merupakan hasil kerjasama dengan Satlantas Polrestabes Medan. SIM Corner ini melayani perpanjangan SIM A dan SIM C bagi para pengunjung POM dengan diskon hingga 50 persen. Perpanjangan SIM ini tidak hanya berlaku pada hari kerja, namun juga berlaku di akhir pekan.

Selain itu, ada pula Indonesia Automodified (IAM) yang merupakan kontes modifikasi terbesar di Indonesia. Tahun ini IAM hadir di 22 kota, termasuk di ajang Indonesia Internastional Motor Show (IIMS) yang baru selesai dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dan kali ini, Indonesia Automodified hadir di Medan dengan menampilkan karya-karya terbaik dari modifikator kota Medan.

Belajar dari kesuksesan penyelenggaraan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang berhasil mencapai rekor pengunjung 503.447 orang. Jumlah ini jauh melesat dibandingkan jumlah tahun-tahun sebelumnya di angka 380 ribuan pengunjung. Begitu pula dengan POM, strategi untuk menggaet berbagai industri otomotif terkait diharap mampu menarik pengunjung dari berbagai segmen. Oleh karena itu, POM pun menggaet Asosiasi Perhimpunan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI).

Din Afriansyah, Perwakilan PAHAMI menjelaskan bahwa dukungan pada POM diharapkan bisa mendongkrak jumlah pengunjung, mengingat saat ini aksesoris merupakan hal yang tidak terpisahkan bagi para penggemar otomotif. Brand yang digandeng PAHAMI antara lain Venom dan Articoleder. Selain itu ada pula NoDoubt yang akan menampilkan teknologi sistem menghidupkan mesin mobil dari jarak jauh, misalnya berbeda kota, dengan menggunakan smartphone.

Strategi ini rencananya juga akan dibawa pada pameran otomotif yang akan digelar Dyandra Promosindo di semester kedua, yaitu The 6th Pameran Otomotif Makassar (POMA) 2017 tanggal 4 - 8 Oktober 2017 di Celebes Convention Center, The 6th Pameran Otomotif Surabaya (POS) 2017 tanggal 1 - 5 November 2017 di Grand City Surabaya, dan Pameran Otomotif Jogyakarta (POJOG) 2017 tanggal 22 - 26 November 2017 di Jogja Expo Center