POPULAR STORIES

Pemerintah Targetkan Produksi Kendaraan LCEV Dan Listrik Di Tahun 2025

Pemerintah Targetkan Produksi Kendaraan LCEV dan Listrik di Tahun 2025 Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. (Foto: Bimo)

KabarOto.com - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan, jika pihaknya bersama stakeholder sedang mereview peta jalan (roadmap) arah kebijakan dan pengembangan industri alat transportasi nasional. Sebab pada tahun 2025, pemerintah mentargetkan 20% kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah Low Carbon Emission Vehicle (LCEV) termasuk kendaraan listrik.

Menurutnya, tahapan yang sedang dilakukan saat ini adalah pengembangan kendaraan bermotor Hemat Energi dan Harga Terjangkau (KBH2), dan kemudian akan dilanjutkan dengan kendaraan hybrid sampai listrik.

"Tahapan pengembangan teknologi menuju kendaraan listrik sangat diperlukan untuk memberikan waktu bagi pemerintah dan pelaku industri menyiapkan regulasi atau payung hukum, infrastruktur pendukung dan juga teknologi," tuturnya.

Menurutnya perlu dilihat juga kesiapan industri komponen dalam negeri seperti baterai, motor listrik dan juga Power Control Unit (PCU), sehingga pengembangan kendaraan listrik dapat mendukung program pendalaman struktur industri otomotif nasional.

Target pengembangan kendaraan listrik sudah menjadi roadmap pengembangan kendaraan bermotor. Ditargetkan pada tahun 2025, 20% kendaraan yang diproduksi di Indonesia adalah kendaraan LCEV termasuk kendaraan listrik.