POPULAR STORIES

Pengertian 'Floating Disc Brake' Pada Kendaraan Roda Dua

Pengertian 'Floating Disc Brake' Pada Kendaraan Roda Dua Floating Disk Brake berukuran lebih besar dari ukuran standar (foto: Istimewa)

Bro n Sist para bikers mungkin ada yang belum mengerti dengan yang namanya Floating Disc Brake, Floating pada rem cakram ini biasa digunakan dan dipasang pada kendaraan roda dua yang berkubikasi besar. Berikut penjelasan dan pengertian Floating Disc Brake pada kendaraan roda dua dari seorang mekanik dari bengkel RMS.

Bro Rian mekanik dari Ryan Motor Sport menjelaskan lebih dalam tentang floating disk brake. "Cakram rem floating berbeda dengan model biasanya, ini dapat dilihat dari desainnya yang lebih besar, dan ciri khasnya cakram dapat bergerak kekanan dan kekiri saat di pegang. Cakram biasa saat di pegang kaku dan ukurannya pun lebih besar yang pada umumnya 320 mm, dan ukuran standarnya pada roda dua 310 mm, dan floating disk brake biasa diperuntukan dan digunakan pada roda dua yang berkubikasi besar, seperti moge yang memiliki cc 500 keatas."

Dan pengertian untuk floating disk brake adalah penggunaan cakram yang berfungsi agar sistem pengereman menjadi lebih maksimal dan tepat. Dengan alasan karena fleksibel mampu mendapatkan udara lebih banyak, berbeda dengan cakram standar yang dibuat diam, jadi tidak seperti sistem floating.

"Saat dalam kecepatan tinggi menggunakan floating disk brake dapat dirasakan perbedaannya, menggunakan floating disk brake akan menghasilkan pengereman yang maksimal dibanding dengan cakram standar. Bila saat menggunakan sistem floating dan berbunyi jangan panik, karena dengan bunyi itu membuat kerja rem sempurna," pungkas Rian.

Jadi sebaiknya untuk motor besar menggunakan sistem floating disk brake demi kenyamanan berkendara, meski harganya cukup mahal mencapai belasan juta untuk satu pasangnya.

floating
Floating Disk Brake (foto: istimewa)

baca juga: