POPULAR STORIES

Pentingnya Etika Berkendara Di Jalan Raya

Pentingnya Etika Berkendara di Jalan Raya Suasana di Jalan Raya (foto: tmcpoldametro)

Tak hanya memenuhi persyaratan seperti SIM,STNK dan helm dalam berkendara dijalan raya tetapi kita juga harus memahami etika yang baik berkendara dijalan raya.

Pentingnya Etika Berkendara di Jalan Raya karena hal tersebut memliki tujuan seperti saling menghormati, menghargai, dan menjaga keselamatan orang lain. Apalagi setiap orang pastinya tidak mengharapkan terjadinya kecelakaan ataupun hal lainnya saat berkendara.

Solusinya kita harus merasakan pentingnya etika dalam berkendara. Berikut beberapa tips yang diberikan Divisi Humas Polri yang dikutip dari tmcpoldametro.net.

  1. Pastikan sepeda motor yang akan digunakan benar-benar siap selama dalam perjalanan, mulai dari kesiapan kondisi mesin kendaraan, ban, rem, kopling, oli, handle gas, lampu depan, lampu rem, sign, rantai, busi, bahan bakar dan surat-surat (SIM dan STNK).
  2. Gunakanlah helm full face atau helm standar (SNI) baik bagi pengemudi maupun pembonceng. Memakai kacamata dengan UV (Ultra Violet) protection di siang hari agar tidak silau dan pandangan mata lebih jelas.
  3. Menyangkut kemungkinan perubahan cuaca, pengendara sepeda motor harus mempersiapkan jaket, sepatu, body protector, sarung tangan, kacamata dan jas hujan.
  4. Bagi pembonceng wanita, sebaiknya tidak duduk menyamping melainkan harus menghadap ke depan.
  5. Untuk menyeberang pastikan lalu lintas aman, barulah menyeberang.
  6. Perjalanan di kota kecepatan tidak lebih dari 60km/jam, jangan berjalan dengan zig-zag, apalagi jika memboncengkan balita atau orang tua.
  7. Jangan membawa muatan yang melebihi ketentuan (lebih dari 2 Orang).
  8. Patuhilah rambu-rambu lalu lintas sepanjang rute perjalanan dan etika berlalu lintas.
  9. Nyalakan lampu utama pada siang hari dan gunakan lajur jalan paling kiri.
  10. Hal yang tak kalah penting adalah berdoa memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebelum mengawali perjalanan.

Tips  pentingnya etika berkendara ini sangat bermanfaat bagi diri kita maupun orang lain agar dapat meminimalisir kejadian yang tak di ingingkan seperti kecelakaan dan lainnya.

Baca juga: