POPULAR STORIES

Penyebab Bocor Nya Shockbraker Motor

Penyebab Bocor nya Shockbraker Motor
Bro and sist tahu tidak ternyata kebocoran shockbreaker biasanya terjadi karena pipa As Shock yang sudah cacat. Selain itu medan jalan, kotoran yang ada pada Shockbreaker, serta beban yang berlebih, merupakan faktor utama yang menyebabkan kebocoran terjadi.
"Bocornya Shockbreaker bisa karena menghantam jalan rusak, mungkin motornya jarang dicuci sehingga kotoran turun, kotoran itu terus nempel, akibatnya ketika naik turun shocknya kotoran tersebut bisa menempel di as shock motor akhirnya cepat rusak (bocor), beban yang melebihi batas maksimum juga cepat membuat sok rusak. Ucap bro Firman mekanik SRM.
Dalam hal ini, kebocoran dapat terjadi pada shockbraker depan dan juga shockbraker belakang. Namun ada perbedaan antara keduanya jika mengalami kebocoran.
"Kalau yang depan masih bisa diganti pipanya, beda sama yang belakang yang hanya bisa diganti, satu set. Misalkan ganti seal terus menerus, terus pengen ganti pipa saja bisa (shockbraker depan). Tapi kalau yang belakang harus full," tutur Firman.
Sedangkan untuk daya tahan antara shockbraker depan dan belakang, shockbraker depan biasanya lebih awet ketimbang shockbraker belakang. Yang pasti kondisinya dua banding satu. Antara belakang dua, dan depan satu. Karena beban kebanyakan ditumpukkan ke shock belakang maka akan cepat rusak yang belakang.
Baca Juga: