POPULAR STORIES

Penyebab Klakson Kendaraan Tidak Berfungsi

Penyebab Klakson Kendaraan Tidak Berfungsi Penenpatan klakson kendaraan yang baik agar klakson berfungsi maksimal (Foto: Ahmad Djainudin/KabarOto)

Klakson pada kendaraan merupakan perlengkapan yang cukup penting ketika digunakan saat berkendara. Karena fungsi klakson berguna untuk memberikan tanda, baik untuk peringatan atau mengingatkan pengemudi lain agar lebih berhati-hati atau memberitahu ada sesuatu hal yang membahayakan.

Agar dalam perjalanan dapat terhindar dari bahaya, maka selain memperhatikan panel utama, klakson juga perlu dirawat agar bisa terus digunakan. Selain perawatan, tata letak klakson pada kendaraan juga harus di perhatikan dengan baik.

Bila letak klakson pada kendaraan tidak baik berakibat klakson kendaraan tidak berfungsi dengan maksimal. Berikut ini beberapa penyebab klakson kendaraan tidak berfungsi maksimal.

. Letak klakson terlalu rapat dengan tempat kedudukan, karena berakibat klakson tidak bisa bergema.
. Panel panel kelistrikan yang putus atau lepas.
. Tertekan dengan bodi kendaraan, yang mengakibatkan klakson terjepit.
. Rusaknya bagian klakson kendaraan karena benturan keras.
. Masuknya air pada bagian rumak klakson, yang mengakibatkan konslet dan karat.

Bro Irfan dari bengkel Fans Variasi Motor menjelaskan, "bila memasang klakson harus di tempat yang baik, dan memiliki ruang. Agar klakson pada kendaraan berfungsi dengan maksimal, klakson kendaraan berfungsi dengan menghasilkan gema, kalau letaknya tidak cukup baik maka klakson tidak dapat berbunyi dengan maksimal."

Berikut ini beberapa tips menggunakan klakson kendaraan agar bekerja dengan maksimal.