POPULAR STORIES

Penyebab Rantai Motor Lepas Dari Gir Dan Cara Mengatasinya

Penyebab Rantai Motor Lepas dari Gir dan Cara Mengatasinya

Lepasnya rantai sepeda motor dari sprocket atau gir bisa berakibat fatal. Roda belakang sepeda motor bisa terkunci karena rantai tersangkut. Hal ini juga berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Tak jarang pula pengendara sepeda motor mengalaminya. Saat sedang asyik mengemudi, tiba-tiba motor mengeluarkan bunyi dan mendadak berhenti. Setelah ditengok, ternyata rantai sudah melilit roda belakang motor sehingga menyebabkan motor tak bisa lagi digerakkan.

Sebenarnya, kejadian ini bermula dari rantai motor yang sudah mulai kendur. Semakin kendur, rantai motor berpotensi slip dan keluar dari gir.

Untuk mencegah kejadian ini terjadi, Anda harus rajin melumasi rantai motor. Itu karena rantai motor akan lebih mudah kendur jika dalam keadaan kering. Jika kondisi ini terlalu lama didiamkan, rantai motor bakal lepas dari gir.

Lepasnya rantai dari gir bisa berakibat fatal bagi motor. Hal ini bisa menyebabkan motor mengalami kerusakan parah atau blok mesin pecah.

Jika suatu ketika rantai motor copot dari gir tetapi tidak membuat ban belakang mati, maka cara memasangkan kembali rantainya seperti memasang rantai sepeda. Pertama-tama rekatkan dulu bagian atas gear belakang dengan rantai, lalu kemudian putar roda ke belakang. Maka, rantai akan kembali ke tempat semula.

Berita Terkait

Berita Terkait