POPULAR STORIES

Penyebab Rem Mobil Panas Dan Mengeluarkan Asap

Penyebab Rem Mobil Panas dan Mengeluarkan Asap Kanvas rem mengeluarkan asap biasanya terjadi karena ada gangguan pada master rem. (foto: istimewa)

Bagi anda pengguna mobil tentu pernah merasakan rem mobill panas dan mengeluarkan asap. Ini biasanya sering terjadi untuk mobil yang sudah cukup lama. Namuan yang anda perlu ketahui apa penyebab rem panas dan mengelarkan asap, ini penyebabnya:

Master Rem
Yang pertama biasanya Master Rem Mengalami kemacetan. Sebuah mobil akan berhenti jika pengemudi menginjak pedal rem, dan master rem itulah yang menahan laju dari mobil. Saat master rem sudah terganggu biasanya panas dan akan mengeluarkan asap.

Gangguan yang terjadi pada master rem karena macet danbanyak kotoranyang mengendap pada master rem. Ini bisa menjadi karat sehingga master rem tidak berfungsi dengan baik lagi.

Pegas Pengembali
Selain master rem yang membuat panas dan mengeluarkan asap pada rem adalah pegas pengembali tidak berfungsi dengan baik. Jika ini terjadi otomatis rem menjadi sepat panas dan akan mengeluarkan asap, karena fungsi kanvas rem menjadi tidak baik dan tidak bisa berbalik keposisi semula sehingga menempel pada cakram

Tidak Sempurnanya Penyetelan Rem
Penyetelan rem tidak sempurna, bisa terjadi karena sangat rapat antara kanvas dan tromol, ini akan menjadikan rem cepat panas dan mengeluarkan asap. maka itu setelah melakukan penyetelan di bengkel ada baiknya di coba terlebih dahulu, jika terlalu mepet atara kanvas dan tromol bisa kembali disetel oleh mekanik.

Selang Rem
Selang rem ini bisa saja mampet, karena kotoran yang masuk disebabkan tidak melakukan pengganian minyak rem secara rutin. kalau kooran ini sudah masuk akan menyumbat selang rem, dan ini sangat sulit terdeteksi.

Baca Juga: