POPULAR STORIES

Permintaan Untuk Pertamax Alami Peningkatan Selama Musim Mudik 2018

Permintaan Untuk Pertamax Alami Peningkatan Selama Musim Mudik 2018 Pertamina (istimewa)

KabarOto.com - Pada puncak arus balik Lebaran 2018 yang jatuh pada tanggal 19-20 Juni 2018 kemarin, ternyata turut berdampak kepada peningkatan konsumsi BBM jenis Pertamax. PT Pertamina mencatat bahwa peningkatan permintaan akan BBM naik hingga 18% dari konsumsi rata-rata normal harian yang berada dikisaran 15 juta menjadi lebih dari 18 juta liter.

Selain pada Pertamax, peningkatan pun turut dirasakan kepada BBM jenis Pertalite yang juga turut naik sebesar 10% dari rata-rata normal harian sebesar 46 juta liter, menjadi 50 juta liter.

Baca juga: Pertamina dan Telkomsel Sediakan Layanan Komunikasi untuk Pemudik di SPBU

Tingginya permintaan akan BBM jenis Pertamax terjadi secara bertahap sejak arus mudik pada angka 10%, 17%, kemudian meningkat ke 25% dan tertinggi terjadi pada saat puncak arus mudik yang mencapai 49% dari rata-rata normal harian.

Saat hari H Lebaran, permintaan akan Pertamax pun turut mengalami peningkatan sebesar 2%, meski permintaan terhadap semua jenis BBM cenderung mengalami penurunan.

Pertamina

“Jika melihat hasil pemantauan di lapangan, permintaan terhadap Pertamax terus meningkat pada saat Idul Fitri serta H+1, disaat seluruh jenis BBM mengalami penurunan. Hal ini mengindikasikan, Pertamax tetap diminati bukan hanya untuk perjalanan jauh, tetapi juga untuk rute-rute pendek di dalam kota tujuan mudik,” ujar Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito.

Lebih lanjut Adiatma menjelaskan bahwa persiapan yang dilakukan Pertamina dalam menghadapi arus mudik dan balik 2018 juga memberi dampak positif terhadap penjualan Pertamax Series. Sebut saja penguatan stok dan suplai BBM di 3.692 SPBU di ruas jalur mudik di Pulau Jawa hingga Madura termasuk di jalur tol dan arteri serta dibukanya 117 Kantong BBM sebagai cadangan untuk suplai BBM ke SPBU.

Layanan pendukung lainnya pun turut dihadirkan Pertamina seperti Kiosk Pertamax di 72 titik, Motoris Kemasan 283 unit, Mobile Dispencer 32 unit serta 13 Serambi Pertamax di jalur tol operasional, fungsional dan arteri juga mendapatkan respon postif dari masyarakat.