POPULAR STORIES

Power Window Sering ‘Ngadat’? Lakukan Langkah Ini

Power Window Sering ‘Ngadat’? Lakukan Langkah Ini obat bagi power window ngadat melakukan perawatan rutin (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Jendela otomatis/power window menjadi bagian terpenting dalam mobil zaman sekarang. Komponen tersebut menawarkan kenyamanan bagi pengendara dan penumpang saat membuka atau menutup jendela.

Dahulu, orang membutuhkan tenaga untuk menurunkan atau menaikkan jendela dengan cara memutar engkol. Kini dengan adanya power window, pengoperasian tersebut dapat dilakukan dengan mudah hanya dengan menekan tombol.

“Tentunya butuh perawatan ekstra bila ingin power window selalu dalam kondisi yang sangat baik. Penggunaannya yang terlihat sederhana membuat perawatannya kerap diabaikan sehingga sering terjadi masalah, seperti kinerja yang tersendat atau timbul macet,” jelas Qobul dari Lutfi Audio, Jakarta Barat.

Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merawat dan menjaga agar power window tetap bekerja sebagaimana mestinya.

Baca Juga: Cara Hilangkan Jamur Pada Karet Kaca Mobil

1. Periksalah Power Window Mobil Setiap 6 Bulan Sekali

Pastinya Anda tidak mau bila kinerja kaca jendela mobil tidak lagi optimal alias tersendat. Hal itu berpotensi menimbulkan efek berupa kaca mobil menjadi miring dan bisa menyebabkan kaca tidak akan menutup sempurna ketika akan ditutup.

Pastikan kaca jendela mobil tidak bekerja dalam kondisi seperti itu. Dan baiknya diperiksa setiap enam bulan. "Bila jalanan yang sering dilalui sangat berdebu, sebaiknya perawatan dilakukan lebih sering,” ujar pria 2 anak itu.

2. Luangkan Waktu untuk Membersihkan Karet Kaca Mobil

Langkah yang ini cukup mudah. Caranya hanya menyiapkan silicone spray yang dapat ditemukan di pasaran.

Jangan gunakan cairan penetran karena cairan semacam ini justru akan mengundang debu untuk datang kembali. Silicone spray akan lebih netral dan berfungsi dengan baik.

"Jangan salah membeli antara silicone spray dengan silicone grease. silicone grease adalah pelumas pada rem mobil. Selain itu, perhatikan juga karet penghalang debu yang menempel pada kaca sebelum kaca diturunkan. Semprot sepanjang jalur karet, termasuk karet yang menempel pada frame pintu," kata Qobul.

3. Bersihkan Rel Power Window yang Kotor

Untuk menjaga kondisi rel kaca tetap bagus, Qobul menyarankan untuk rutin mencuci mobil ketika mengikuti perjalanan jauh. Jika komponen rel kaca ini diabaikan keberadaannya, kaca jendela tidak dapat bekerja dengan maksimal karena sulit dioperasikan secara elektris.

Ketika mencuci mobil, jangan lupa menggunakan sampo mobil dengan kualitas baik agar kelembapan dan elastisitas karet dapat terjaga.

“Hal penting lainnya lagi adalah mengoperasikan tombol power window dengan halus agar arus listrik mengalir dengan baik pada sistem elektris,” tambahnya.

4. Pergunakan Power Window Mobil Seperlunya Saja

Terakhir untuk menjaga kondisi jendela mobil agar tetap awet, sebaiknya lakukan proses menaikkan dan menurunkan kaca seperlunya saja.

Selain itu, juga jangan menarik kaca ke dalam jika kondisi kaca sedang basah. Sebaiknya juga tidak terlalu sering menarik kaca ke bawah jika sedang melewati jalanan berdebu atau setelah melalui daerah yang berdebu. Debu dapat merusak power window mobil secara perlahan.