POPULAR STORIES

Preview GP Formula 1 Rusia 2015, Sochi Autodrom

Preview GP Formula 1 Rusia 2015, Sochi Autodrom Start line sirkuit Sochi (foto: formula1)

Akhir pekan ini, mulai tanggal 9 hingga 11 Oktober 2015 – gelaran balap jet darat Formula 1 akan diadakan kedua kalinya di sirkuit Sochi Autodrom, Rusia. Diharapkan hasil balap kali ini juga akan memberikan para penggemar beberapa aksi dan pemecahan rekor balap yang cukup mengagetkan karena dominasi Lewis Hamilton dari saat sesi latihan hingga lomba dipatahkan dengan rekor waktu lap sirkuit tercepat saat ini yang dipegang oleh Valtteri Bottas dari tim Williams dengan catatan waktu 1 menit 40.896 detik.

Mengenai Sochi, usaha kota ini untuk menjadi salah satu tuan rumah balap jet darat tersebut dimulai secara resmi pada bulan Oktober 2010 dengan disetujuinya kontrak penyelenggaraan Formula 1 antara promotor OJSC Center Omega dan pemerintah Rusia yang mendapat perhatian penuh oleh Presiden Federasi Rusia, Vladimir Putin. Setelahnya, proses pembangunan sirkuit yang memiliki kapasitas pengunjung 55.000 orang ini diserahkan kepada arsitek Hermann Tilke. Balapan di sirkuit ini akan memiliki arah mengikuti putaran jarum jam dan para pebalap akan melalui 12 tikungan kanan serta 6 tikungan kiri yang memiliki karakter kecepatan tinggi dan tikungan dengan karakter kecepatan lambat. Rekor kecepatan rata-rata tertinggi mobil Formula 1 di sirkuit ini dipegang oleh Lewis Hamilton yang mencapai 213 km/jam dan kecepatan tertinggi yang juga ditorehkan oleh Lewis Hamilton di Sochi adalah 332 km/jam di jalur lurus sepanjang 650 meter antara tikungan pertama dan tikungan kedua.

Layout Sirkuit Sochi (foto: formula1.com)

Daniil Kvyat dari tim Red Bull menjelaskan bahwa Sochi Autodrom adalah sirkuit modern klasik dengan banyak ruang untuk menyalip dan memiliki bagian-bagian tikungan yang cukup aneh dan sulit seperti tikungan ke-4 dan tikungan ke-13. “Saya mengkategorikan sirkuit ini sebagai sirkuit yang sangat 'teknis'. Sirkuit ini mungkin tidak memiliki hal menonjol dan tidak terlalu menguji nyali pebalap, tapi beberapa bagian sirkuit ini cukup menjebak dan membuat Anda harus memikirkan cara terbaik untuk meraih catatan waktu tercepat dan memiliki jalur balap yang ideal.” ujar pebalap asal Rusia tersebut.

Selain karakter tikungan yang unik, Sochi sebagai salah satu kota penyelenggara Olimpiade Musim Dingin ini juga memiliki rekor sebagai kota terpanjang kedua di dunia dengan bentang jarak 144 km di sepanjang pesisir pantai Laut Hitam, sedangkan yang mengalahkan rekor tersebut adalah Mexico City yang juga bertindak sebagai salah satu tuan rumah gelaran jet darat tahun ini.

Statistik Sochi Autodrom

Balap Formula 1 pertama : 2014
Jumlah Putaran : 53
Panjang Sirkuit : 5.848 Km
Jarak Balap : 309.745 Km
Rekor Putaran Tercepat : 1 menit 40.896 detik (Valtteri Bottas, Williams - 2014)

Baca juga: