POPULAR STORIES

Reno, Dari Balap Motor Hingga Hasilkan Puluhan Juta Sebulan

Reno, dari Balap Motor hingga Hasilkan Puluhan Juta Sebulan Bro Reno yang piawai mengutik mesin motor balap drag (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

Dari figur pria yang satu ini siapa yang menduga bahwa ia piawai dalam mengubah mesin matic menjadi mesin balap drag. Penghasilannya kini sudah puluhan juta, padahal ia awalnya sebagai balap motor. Simak cerita Bro Reno yang memiliki bengkel Pemula Motor.

Sosoknya sangat bersahaja. Kulitnya putih dan murah senyum. Nama panggilannya Bro Reno sama teman-temannya. Ia berhasil 'menelurkan' ilmu opreknya kepada motor konsumen yang ingin ikut balap drag. Tak tanggung-tanggung, usai lepas balap tahun 2009 setelah ia lepas SMA, ia langsung mencoba mengutik mesin drag.

Modalnya hanya satu, keberanian dan otodidak. Ia hanya melihat-lihat mulanya ketika masih menjadi pebalap di arjuna. Setelah matang ia melirik oprekan tersebut ia pun memberanikan diri untuk membuka bengkel drag, Pemula Matic. Ia pilih lokasinya di wilayah Kukusan, Depok, Jawa Barat. Iyaa yang dekat dengan tempat tinggalnya.

Hanya bermodalkan dana yang sangat kecil, yakni untuk sewa ruko, dan dengan peralatan yang sangat minim ia dengan nekatnya mewujudkan keinginannya untuk buka usaha bengkel drag tersebut.

"Awalnya saya oprek mesin motor matic teman. Aha, hasilnya sangat memuaskan. Nah dari sinilah banyak yang datang ke bengkel Pemula Matic ini. Bulan pertama saja sudah ramai dikunjungi customer. Tahun 2010 saya nekat buka bengkel," jelas Bro Reno yang berusia 22 tahun yang merupakan anak kedua dari dua bersaudara ini.

Baginya ada rahasia agar motor tersebut menjadi kencang. Rahasia untuk kencang noken us, piston, bagian cvt. Jika masalah spesifikasi tergantung dari orangnya apakah standar atau ubahan. Banyak spesifikasi.

"Sebulan ada tujuh motor yang diubah untuk drag. Penyelesaian kami tentatif, tergantung dari bubutnya lama, sukar atau tidaknya. Sekarang ini saya sudah dibantu sama teman untuk mengerjakannya," ucap Bro Reno yang juga menerima mesin 4 tak dibengkelnya ini.

Pria lulusan STM Kusuma Bangsa Depok ini kini penghasilannya sudah puluhan juta sebulan. Dan ia ingin sekali saat ini untuk membeli mesin bubut sendiri.

Baca Juga: