POPULAR STORIES

Sebuah Tambang Batubara Di Australia Operasikan Truk Tanpa Supir Dari Jarak 1.200 KM

Sebuah Tambang Batubara di Australia Operasikan Truk Tanpa Supir Dari Jarak 1.200 KM Self Driving Truck

Sebuah Tambang batubara milik raksasa perusahaan tambang Australia, Rio Tinto yang terletak di Yandicoogina dan Nammuldi menggunakan truk raksasa tanpa supir (self driving), pekerja di tambang ini mengoperasikan dan mengontrol turk raksasa itu dari pusat Kota Perth yang berjarak 1.200 kilometer jauhnya.

Josh Bennett, mengelola pengoperasian pertambangan Rio Tinto di Yandicoogina yang terletak di Barat Laut Newman yang menggunakan 22 truk tanpa supir di lokasi tambang tersebut. Bennett mberkomentar, kedua lokasi tambang terbuka ini merupakan tambang batubara terbesar di dunia.

Self Driving Truck

"Dengan mata telanjang memang tambang ini terlihat seperti dioperasikan dengan cara-cara konvensional. Tapi perubahan utama dari pertambangan ini adalah cara kerja yang dilakukan oleh karyawan dan anggota tim kami saat ini,” katanya.

"Jadi yang kami lakukan adalah kami memetakan seluruh kawasan pertambangan ini dan memasukannya kedalam sebuah sistem dan kemudian berhasil mencari cara bagaimana menggerakan truk-truk tersebut dari tambang,”

Self Driving Truck

Perusahaan ini sekarang mengoperasikan 69 truk tanpa supir di seluruh lokasi tambangnya di Yandicoogina, Nammuldi dan Hope Downs 4. Seperti dikutip dari laman dailymail, Truk –truk tersebut beroperasi selama 24 jam dalam sehari, 365 hari per tahun tanpa dikemudikan oleh supir yang perlu pergi ke toilet, istirahat makan siang, sehingga industri ini memperkirakan sistem operasi mereka yang baru ini dapat menghemat 500 jam kerja per tahun.

Baca Juga: