POPULAR STORIES

Selalu Cek Minyak Rem Agar Selalu Bekerja Dengan Maksimal

Selalu Cek Minyak Rem Agar Selalu Bekerja Dengan Maksimal Wadah minyak rem pada motor terletak pada stang kemudi motor (foto: M Ramdani)

Sistem pengereman pada sepeda motor amatlah sangat penting untuk diperhartikan. Banyak bagian pengereman yang harus selalu dibersihkan atau bahkan diganti jika sudah tidak bekerja secara maksimal. Bukan cuma pada bagian kampas rem, kaliper, disc brake atau piringan cakram maupun yang masih tromol, tetapi juga bagian seperti tempat minyak rem berikut isinya juga harus diperhatikan dengan benar. 

"Minyak rem harus selalu di cek, agar selalu bekerja maksimal sebagai sistem pengereman pada motor. Ini bisa dilakukan dengan cara melihat indikator yang terlihat di tempat atau wadah minyak rem yang terletak pada stang kemudi motor," terang Bro Syukur, mekanik dari bengkel Radar Motor di kawasan Jl. Jatiwaringin, Jakarta Timur. Untuk penggantian minyak rem yang sudah habis, indikasinya terlihat dari warna dan keruhnya isi minyak rem. "Kalau warnanya berubah jadi agak gelap, sebaiknya diganti dengan minyak rem yang baru. Untuk antisipasi saja agar tidak terjadinya slip atau rem blong," tegas Syukur. 

Untuk diketahui bahwa standar spesifikasi yang dikeluarkan oleh Departement Of Transportation (DOT) untuk minyak rem yang ada di pasaran ialah spesifikasi DOT 2, DOT 3, DOT 4, DOT 5, dan DOT 5.1. dimana makin makin tinggi angka setelah kata DOT yang tertera pada minyak rem, maka makin tinggi pula angka titik didihnya. "Standar yang direkomendasikan untuk sepeda motor harian ialah minyak rem dengan DOT 2 atau DOT 3, sesuai yang tertera pada wadah atau tempat minyak rem pada motor standar," tambah Syukur.

Baca juga: