POPULAR STORIES

Shell Ajak Para Pakar Cari Solusi Energi Di Masa Depan Untuk Asia

Shell Ajak Para Pakar Cari Solusi Energi di Masa Depan Untuk Asia Shell Powering Progress Together (Istimewa)

KabarOto.com - Perusahaan energi Shell menggelar acara forum bertajuk "Powering Progress Together" dengan tema utama "Energy for Better Living" yang berlangsung di Changi Exhibition Center, Singapura (8-11/03) mendatang.

Acara ini diikuti lebih dari 150 delegasi inovator lintas sektor dan memusatkan pembahasan mengenai beragam aspirasi dan tantangan energi yang sedang terjadi di kawasan Asia.

Forum ini mengagendakan beragam topik pembahasan mulai dari bagaimana mewujudkan sebuah transisi menuju masa depan, energi rendah karbon untuk mengelola beragam risiko perubahan iklim, serta memperluas berbagai manfaat energi bagi kehidupan ekonomi dan sosial bagi semua orang.

Baca juga: Mahasiswa Indonesia Kembali Berkompetisi di Shell Eco-marathon Asia

Di Asia sendiri, permintaan energi tumbuh dan berkembang dengan pesat seiring tingkat urbanisasi, standar hidup dan pertumbuhan penduduk yang terus meningkat.

Shell Powering Progress Together
Shell Powering Progress Together

Melalui acara ini para panelis berbagi pandangan mengenai bagaimana transisi energi global akan memerlukan kolaborasi baru antara pembuat kebijakan, para pemimpin perusahaan dan lembaga swadaya masyarakat serta konsumen.

Transisi energi juga membutuhkan fokus yang lebih dari hanya sekedar promosi energi terbarukan dan efisiensi energi, karena promosi tersebut hanya menyangkut beragam aspek spesifik dari tantangan yang lebih luas.

Shell menyadari peran energi dalam mendukung terciptanya kualitas hidup yang layak. Seiring dengan beragam pengembangan teknologi, kolaborasi multi sektor yang bertujuan mendorong kebijakan efektif dan perubahan budaya merupakan hal yang sangat penting untuk terciptanya bisnis, berbagai pilihan konsumen dan beragam peluang rendah karbon.

Ajang forum tahunan yang telah dua kali digelar ini menghadirkan diskusi antara para pemimpin dan pemangku kepentingan tentang gagasan-gagasan untuk mengatasi beragam tantangan energi masa depan di Asia.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memprediksi terjadinya lonjakan populasi perkotaan di dunia sebesar 2,5 miliar pada tahun 2050, dan hampir sekitar 90% lonjakan tersebut terjadi di kawasan Asia dan Afrika.

Sementara itu, pasokan energi di kawasan Asia Pasifik yang berkembang pesat diprediksi akan meningkat sebesar 60% pada tahun 2035, seiring dengan pertumbuhan urbanisasi, industrialisasi dan ekonomi. Upaya tersebut dan juga pengurangan jejak karbon perlu dilakukan seiring dengan pertumbuhan urbanisasi yang pesat di Asia.

Shell Powering Progress Together
Caption

Goh Swee Chen, Vice President City Solutions–New Energies and Chairman, Shell Singapura menjelaskan, "Energi merupakan unsur vital yang tersembunyi di hampir setiap sektor ekonomi, dan kota adalah pengguna energi terbesar. Kota menempati kurang dari 2% dari total daratan dunia dan menampung lebih dari setengah populasi global,” ungkapnya.

Selain itu Chen pun menegaskan, "Tingkat konsumsi energi perkotaan mencapai lebih dari 60% dari total konsumsi energi global. Angka ini diprediksi akan meningkat sebesar 80% di tahun 2040. Berbagai perubahan mendasar perlu diciptakan di sektor ekonomi global, terutama di sektor kelistrikan, transportasi, bangunan dan industri yang menghasilkan emisi karbon dioksida secara signifikan," paparnya.

Forum serupa direncanakan juga akan digelar di London, Inggris dan San Francisco, Amerika Serikat tahun ini.