POPULAR STORIES

Ini Detail Dan Spesifikasi Lengkap BMW G 310 R

Ini Detail dan Spesifikasi Lengkap BMW G 310 R Foto BMW G 310 R (Foto: Yudi Atmaja/kabaroto)

Kabaroto - BMW G 310 R – The Essence of Riding Pleasure. BMW G 310 R merupakan inti dari kesenangan berkendara. Model satu ini dirancang dan dibangun khusus sebagai penjelajah urban, ditujukan untuk mereka yang sangat menyukai menunggang sepeda motor. BMW G 310 R sangat lincah, mudah dikendalikan juga sporty, semuanya datang dalam satu paket. Tidak peduli Anda rider berfigur tubuh tinggi atau kecil, BMW Motorrad menjamin riders akan langsung betah mengendarai BMW G 310 R.

Model terbaru ini memiliki bobot ringan. Mesin berkapasitas 313 cc, BMW G 310 R akan membawa ridersnya kemana saja dengan daya tahan dan keselamatan tinggi di dalam kota. BMW G 310 R adalah produk sejati BMW Motorrad, dengan kapasitas mesin lebih kecil ketimbang saudaranya yang lain, tapi ia tetap menghadirkan kualitas maksimum dan hasil karya tinggi, ditambah penyematan teknologi canggih untuk tetap menghadirkan kenyamanan dan kesenangan berkendara.


The Design
Tampilan bagus, ternyata memang sudah ada di dalam gen BMW Motorrad, tak terkecuali BMW G 310 R. Model paling baru ini mengambil ciri dari BMW S 1000 R, bisa dilihat dari fairing sporty, lampu depan, desain dinamis dari tangki bahan bakar serta proporsi desain roadster sejatinya. BMW G 310 R memiliki bobot ringan tapi kuat, datang dari bagian depan dan belakangnya yang dinamis. Sadelnya yang rendah menegaskan kembali kedinamisan bagian belakang motor yang memberikannya tampilan motor sport. Warna emas pada fork dan kaliper remnya menunjukkan pada dunia hasil kerja berkualitas tinggi dari BMW Motorrad.

Highlight lainnya adalah detail aluminium pada swing arm. Potongannya memastikan bobot ringan dan tambahan strutnya menghadirkan stabilitas tinggi. Profil ban lebar juga ikut menyumbang pijakan yang tepat dengan aspal, kesenangan berkendara terjamin.

Light and Strong
Dari segi teknologi, BMW G 310 R juga tidak mau ketinggalan, justru sebaliknya, model baru satu ini bukan hanya mengikuti teknologi baru, tapi juga menjadi yang terdepan di kelasnya. Mesin single cylinder, 4 tak berkapasitas 313 cc yang diusungnya menjadi salah satu contoh, diantara lainnya. Sudut silinder yang condong ke belakang, juga cylinder head yang diputar 180° menurunkan centre of gravity dan mendorongnya ke bagian depan motor. Hasilnya, BMW G 310 R menjadi lebih lincah dan mudah dikendalikan.

Sementara swing arm yang lebih rendah dan panjang membuatnya menjadi lebih stabil, tanpa harus menambah wheelbase. Sejak tahun 2013 tidak ada satu pun motor BMW yang keluar pabrik tanpa teknologi ini, rem ABS. Dan tentunya BMW G 310 R juga menggunakannya untuk memastikan keselamatan ridernya di setiap riding. Tampilan bagus, tenaga besar dan memiliki bobot kurang dari 160 kg (dengan bahan bakar penuh), bersama BMW G 310 R Anda dipastikan akan menikmati sensasi setiap berkendara.

Everyone Wants to Ride It
Berkendara tanpa stress dan nyaman sepanjang perjalanan di jalan raya urban bersama BMW G 310 R. Bahkan diantara situasi padat khas jalan raya kota besar, Anda pasti akan selalu berkendara penuh percaya diri. Suasana ini bisa terjadi karena layout handle bar sebagai kendali dan kluster meter yang ergonomis.

BMW G 310 R juga memiliki sadel yang mengakomodasi rider segala ukuran, memastikan stabilitas rider di atasnya. Dan di semua permukaan jalan, setting damper dan pernya memberikan karakter lincah membelah lalu lintas padat sekalipun.Terserah Anda, berkendara diantara lalu lintas padat saat menuju dan pulang tempat beraktivitas setiap hari atau melepas penat ke luar kota di akhir pekan, BMW G 310 R akan menjadi mitra tepat.

Spesifikasi BMW G 310 R
Engine
Type: Water-cooled, single-cylinder 4-stroke engine, four valves, two overhead camshafts, wet sump lubrication
Bore x stroke: 80 mm x 62,1 mm
Capacity: 313 cc
Rated Output: 25 kW (34 PS) at 9500 rpm
Max. Torque 28 Nm at 7500 rpm
Compression Ratio 10,9 : 1
Engine Management Electronic fuel injection, BMS-E2
Emission Control Closed-loop 3-way catalytic converter, emission standard EU-4

Performance/Fuel Consumption
Max Speed 143 km/h
Fuel Type Unleaded petrol, minimum octane rating 91 (RON)
Consumption 3.33 Litre for 100km

Power transmission
Clutch Multiple-disc clutch in oil bath, mechanically operated
Gearbox Synchromesh 6-speed transmision Integrated in the motor housing
Drive Endless O-ring chain with shock damping in rear wheel hub

Chassis / brakes
Frame Bolted steel frame, drive unit load-bearing, tubular steel rear frame
Front wheel suspension Upside down fork , Ø 41 mm
Rear wheel suspension Solid die-cast aluminum swingarm, directly hinged monoshock, adjustable preload
Suspension travel front/rear 140 mm / 131 mm
Wheelbase 1,366 mm
Castor 103 mm
Brake, front Single disc, diameter 300 mm, 4-piston fixed caliper, radially bolted
Brake, rear Single disc, diameter 240 mm, single-piston floating caliper
ABS BMW Motorrad ABS

Dimensions / weights
Length 2.005 mm
Width (incl. mirrors) 820 (849) mm
Height (excl. mirrors) 1.080 mm
Seat height, unladen weight 785 mm
Permitted total weight 345 kg
Usable tank volume 11 L