POPULAR STORIES

Spidometer Motor Tiba-Tiba Tak Berfungsi? Mungkin Ini Penyebabnya

Spidometer Motor Tiba-Tiba Tak Berfungsi? Mungkin Ini Penyebabnya spidometer mati menghambat pengendara memantau motornya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Masalah yang relatif simpel namun kerap mengganggu dan sering terjadi pada sepeda motor yaitu spidometer mati. Efeknya, tanpa spidometer pengendara tidak bisa memperkirakan kecepatan motor yang dikendarai.

"Penyebabnya karena kabel spidometer yang putus atau girboks di samping teromolnya rusak, kalau girboks yang rusak agak mahal sekitar Rp 300 ribu untuk Honda Supra X lawas. Makanya kita cek dulu satu-satu apa penyebabnya," kata Budi, pemilik bengkel JMS di Pesing, Jakarta Barat (13/3).

Kerusakan spidometer ditandai dengan jarum tidak bergerak saat motor melaju. Menurut pria berkumis itu, biasanya, kerusakan seperti itu disebabkan karena adanya debu atau air yang masuk ke dalam slang spidometer. Kerusakan juga bisa terjadi karena usia kabel spidometer yang sudah uzur.

Baca Juga: Mesin Kawasaki KLX 150 Mati Mendadak, Ini Solusinya

"Kerusakan spidometer bisa karena kabelnya sudah tua, atau ada debu dan air yang masuk ke dalam selangnya jadi ada korosi dan karatan, akhirnya putus deh. Atau karena debu atau air yang masuk jadinya kotoran menumpuk di dalam. Jadinya girboks rusak," tuturnya.

Spidometer yang rusak harus segera diganti dengan yang baru. Sedangkan untuk yang hanya kotor, bisa dibersihkan dengan jalan membukanya terlebih dulu.

"Cara membersihkannya dengan dibuka lalu dicuci pakai sabun colek. Setelah dibilas dan lap hingga kering, dibersihkan lalu dikasih gemuk atau grease, lalu kabel spidometer dikocok-kocok di dalam slangnya agar kotorannya keluar," terangnya.

Pria asal Purbalingga ini juga mengatakan, spidometer yang rusak tidak berpengaruh ke indikator bensin. Sebab kedua benda tersebut berada di posisi terpisah.

"Spidometer kan untuk mengukur kecepatan kendaraan dan mengukur jarak tempuh yang telah dilalui. Ini tidak akan merusak indikator bensin, karena terpisah posisinya antara spidometer," tutupnya.