POPULAR STORIES

Spoiler Mobil, Aerodinamika Atau Sekadar Aksesori?

Spoiler Mobil, Aerodinamika atau Sekadar Aksesori? Pabrikan mobil pun sekarang banyak aplikasikan spoiler sebagai standarisasi (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Sayap/spoiler belakang akhir-akhir ini banyak digunakan di berbagai jenis mobil keluaran terbaru. Bahkan spoiler juga bisa dibeli di sejumlah toko aksesori sebagai peranti tambahan dengan beragam harga. Namun hingga saat ini, apa sih sebenarnya fungsi spoiler ini? Memang berfungsi meningkatkan aerodinamika atau sekadar aksesori penunjang tampilan?

Sebab tak sedikit yang menganggap bagian ini hanya aksesori yang menambah estetika sebuah mobil, sehingga terlihat terlihat lebih sporty. Namun seperti yang dikatakan oleh Sendy Andhika dari S Motorsport, Jakarta Selatan, fungsi spoiler bukan untuk sekadar penampilan, melainkan efek dari penggunaan spoiler yang mampu menambah performa mobil itu sendiri.

Baca Juga: Pilih Bodykit & Lips Spoiler, Jangan Asal!

Lantas apa sebenarnya fungsi dari spoiler pada mobil? “Spoiler adalah salah satu komponen pada mobil yang mempengaruhi aerodinamika pada mobil. Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi,” ucapnya.

Gaya angkat yang terjadi pada mobil mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi, sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol. Selain menambah downforce saat melaju kencang, spoiler juga mampu meningkatkan pengendalian, sehingga meningkatkan efek aerodinamika yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

Spoiler biasanya dipasang di bagian belakang mobil. Untuk jenis sedan, biasanya spoiler ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki bagasi belakang (hatchback), maka spoiler diletakkan di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang.

“Pemasangan spoiler pada mobil baiknya diimbangi juga dengan spoiler di bagian depan dan samping," sambung Sendy lagi.

Namun pemasangan spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah dan terkadang mengubah haluan mobil ketika melaju kencang. "Tentunya dengan perhitungan khusus dari ahlinya,” imbuhnya.

Sedangkan spoiler depan biasanya menempel pada bagian bumper, sementara spoiler samping berada tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan.

Berita Terkait

Berita Terkait