POPULAR STORIES

Susah Buka Mur Saat Ganti Ban Serep, Ini Sebabnya

Susah Buka Mur Saat Ganti Ban Serep, Ini Sebabnya Faktor lain yang menyebabkan mur susah untuk dibuka karena kualitas mur yang rendah, yang membuat mur cepat berkarat. (Foto Istimewa)

Mur pada pelek mobil berfungsi untuk mengunci ban ke bagian penggerak roda. Terkadang saat kondisi darurat seperti ban kempes dan akan menggantinya, mur tersebut susah untuk dibuka. Banyak hal yang menyebabkan hal itu terjadi. Apa saja?

Ridho salah satu montir di bengkel JMS motor mengatakan, salah satu faktor yang menyebabkan faktor susah dibukanya mur pada velk, diantaranya pemasangan mur yang tidak sesuai dengan ukurannya, atau terlalu dipaksakan. Kondisi ini menyebabkan ulir baut termakan karena ukuran baut dan mur dan menyebabkan mur sulit untuk dibuka.

Faktor lain yang menyebabkan mur susah untuk dibuka karena kualitas mur yang rendah, yang membuat mur cepat berkarat. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, yang harus diperhatikan pertama kali adalah memilih drat atau ulir yang ada pada mur. Bro and sis harus pastikan ukuran mur dan baut sesuai.

Untuk selanjutnya adalah memasang mur ulirnya harus sejalan atau searah, karena bila tidak searah maka pemasangan mur tidak rata dan drat pun akan keluar tidak sejalan. Ini akan memakan drat yang ada pada mur dan baut.

Dan yang tidak kalah penting selanjutnya adalah jangan mengencangkan mur ke baut secara berlebihan. Memang ini untuk memastikan bahwa mur kuat dan tidak kendur saat roda mulai berjalan. Terlalu kencang memasang juga ternyata bisa membuat ulir dan drat rusak.

Semoga hal tersebut bermanfat buat Bro and Sist. Karena jangan sampai saat ban kempes dan anda menggantinya baut tidak bisa dibuka karena keras.

Baca Juga: