POPULAR STORIES

Suzuki Dan Proton Jalin Kerjasama

Suzuki dan Proton Jalin Kerjasama Acara penanda tangannan kerjasama (Foto:Suzuki Japan)

Seperti yang dilansir dalam keterangan Pressnya di laman Suzuki.co.jp, Suzuki Co., Ltd. dan Proton telah menandatangani nota kesepahaman dan kerjasama dukungan teknis pada tanggal 15 Juni 2015. Dari Malaysia, penandatanganan nota kesepahaman dilakukan oleh CEO Proton, Tun Dr Mahathir Mohamad dan Dirut DRB HICOM, Dato' Syed Mohamad bin Syed Murtaza dan dari Suzuki Co., Lt. dilakukan oleh Presiden Direktur Osamu Suzuki.

Langkah awal kerjasama diawali dengan suplai suku cadang Suzuki untuk Proton, dan Proton akan men-distribusikan dan menjual suku cadang tersebut di Malaysia serta memproduksinya sendiri. Suku cadang tersebut dijadwalkan akan mulai diproduksi di pabrik milik Proton yang berada di Tanjung Marim pada musim panas tahun 2016 untuk beberapa model mobil Suzuki yang dijual di Malaysia. Di masa mendatang, pabrik tersebut akan menyediakan komponen untuk mesin dan transmisi serta mendukung riset Proton untuk pengembangan
produknya sendiri.

Presiden Direktur Suzuki berkomentar "Selama ini Suzuki telah melakukan penjualan produknya sendiri di Malaysia secara mandiri.Dengan adanya kolaborasi bersama Proton diharapkan kedua perusahaanakan saling bersinergi dan berkembang bersama di pasar Malaysia".

"Proton" atau Perusahaan Otomobil Nasional, merupakan pabrikan mobilnasional pertama di Malaysia yang dibangun pada tahun 1983. Pada tahun 2014 Proton telah menjual 116.000 unit kendaraan dan meraih pangsa pasar kendaraan di Malaysia sebesar 17%.

Baca juga: