Mobil Keyless Ignition Lupa Dimatikan Sebabkan 28 Kasus Kematian

Enrico
Enrico 16 May 2018 - 11:13
Mobil Keyless Ignition Lupa Dimatikan Sebabkan 28 Kasus Kematian
Fitur Start/Stop pada model kendaraan saat ini (istimewa)

KabarOto.com - Sistem pengapian tanpa kunci (Keyless Ignition) atau populer dengan sebutan Start/Stop button menjadi semakin populer karena memungkinkan pengemudi menyalakan kendaraan tanpa menggunakan kunci kontak. Sistem ini nyaman tetapi bisa menyebabkan masalah tragis dalam keadaan tertentu.

Seperti dilaporkan New York Times, setidaknya 28 orang tewas di Amerika Serikat oleh karbon monoksida yang dipancarkan kendaraan yang sistem pengapiannya tanpa kunci. Sedikitnya 45 orang lainnya telah terluka dan beberapa dari mereka menderita kerusakan otak.

Baca Juga: Ini Teknik Porting Polish yang Benar Menurut NMAA

Laporan ini mencatat sistem pengapian tanpa kunci menjadi fitur standar pada hampir setengah dari semua kendaraan baru yang dijual di Amerika Serikat. Hal ini menimbulkan risiko yang meningkat karena beberapa pengemudi lupa mematikan mesin mereka ketika parkir di garasi.

Beberapa pemilik hanya memarkir mobil mereka, masuk ke rumah dan bahkan tidak menyadari kendaraan mereka masih menyala. Jika ini terjadi untuk jangka waktu panjang, tanpa mereka sadari akan keracunan karbon monoksida.

Editor : ballian