POPULAR STORIES

Test Rider Ducati Jagokan Lorenzo Menangi MotoGP Qatar

Test Rider Ducati Jagokan Lorenzo Menangi MotoGP Qatar Jorge Lorenzo (foto: motorsport)

Jorge Lorenzo akan bertarung habis-habisan demi meraih kemenangan dalam seri pembuka MotoGP di Qatar sebagaimana pernyataan rider penguji Ducati, Michele Pirro.

Pirro, yang telah mengembangkan Desmosedici terbaru dari prototipe awal, akan menjadi analisis lintasan Lorenzo di Ducati pada tahun ini. Tugas utamanya adalah membuat Lorenzo merasa lebih mudah menguasai tunggangannya tersebut.

Gelaran uji coba sesi pertama pada tahun 2017 pada pekan lalu bertempat di Malaysia. Baik Lorenzo maupun Pirro, keduanya saling bekerjasama satu dengan yang lainnya. Setiap kali pembalap asal Spanyol itu memasuki pit, Pirro selalu ada di sana untuk memberikan masukan dan nasihat.

Setelah Lorenzo menghadapi masa sulit di gelaran latihan pertama di Sepang, karena dia hanya finis 1,6 detik di belakang Casey Stoner, Lorenzo memperoleh kemajuan pada Selasa dan bahkan lebih cepat ketika di hari berikutnya, menempati posisi akhir ke-10 di belakang pembalap tercepat, Maverick Vinales.

Menurut Pirro, untuk menyatu bersama pabrikan Italia, diperlukan sebuah waktu untuk beradaptasi. Lorenzo akan menghabiskan waktu enam hari dalam dua kali sesi latihan sebelum menghadapi musim kejuaraan MotoGP 2017, yang akan dimulai pada 26 Maret di sirkuit Qatar.

“Lorenzo telah lama menunggangi motor dari pabrikan Yamaha, hal ini merupakan sesuatu yang berbeda dengan tunggangannya yang sekarang,” menurut Pirro dilansir Motorsport. ”Meski demikian, dia berada di level top pada hari terakhir di sirkuit Sepang."

“Dia baru menyelesaikan 100 putaran dengan tunggangan barunya dari pabrikan Ducati, berbeda ketika bersama tim Yamaha, dia sudah melakukan putaran sampai ribuan kali. Tetapi dalam hal ini, saya yakin Pembalap asal Spanyaol ini akan bertarung habis-habisan demi memenangkan seri Qatar di awal musim ini,” papar Pirro lebih lanjut.

“Ducati sudah bagaikan keluarga bagi saya, dan jika tujuannya adalah membantu Lorenzo untuk menjadi juara, saya akan memberikan yang terbaik untuknya,”

“Apabila saya harus membantunya dalam sesi latihan, saya akan melakukannya, karena saya telah menghabiskan banyak waktu untuk menguji motor ini,"

“Saya coba menjelaskan kepadanya (Jorge Lorenzo) tentang motor pabrikan Ducati, bahwa tunggangannya saat ini berbeda dengan tunggangannya ketika ia bersama tim Yamaha. Rahasia Motor ini (Ducati) terletak pada bagaimana si pembalap mengendarai dan mempelajari setiap lini detail motornya, hal ini tidak mudah membuat motor ini langsung melesat cepat ketika di awal.”

Pirro merasa Lorenzo akan menemukan suasana yang jauh lebih bersahabat di Ducati daripada di tim terdahulunya Yamaha, di mana sosok berjuluk The Spaniard itu merasa tidak nyaman dan sulit berkomunikasi baik dengan rekan setimnya terdahulu (Valentino Rossi) di akhir musim balapan.

“Seperti yang kita tahu, tahun lalu di Yamaha merupakan tahun yang sulit bagi pembalap asal Spanyol tersebut, pasalnya di akhir musim tahun 2015 dia bersitegang dengan pembalap kawakan rekan setimnya sendiri Valentino Rossi,"

"Jorge Lorenzo merasa tertekan tentang hal itu. Di tim barunya (Ducati) ia merasa menemukan suasana kekeluargaan yang erat di mana setiap orang akan membantunya untuk memenangi kejuaraan MotoGP tahun 2017,"

“Disini, seluruh tim bekerja dan memberikan yang terbaik buat nya, kita hanya menginkan dia untuk lebih focus dan mengeluarkan kemampuan balap terbaiknya,” tandas Pirro.