POPULAR STORIES

Tim F1 Akan Dapatkan Mesin Sama Untuk Musim Balap 2016

Tim F1 Akan Dapatkan Mesin Sama Untuk Musim Balap 2016 gambar skema mesin formula 1 (gambar: formula1.com)

Kabar baik untuk tim balap Formula 1 yang membeli mesin dari pabrikan untuk musim balap tahun depan sehubungan dengan regulasi FIA yang baru menyatakan bahwa mesin yang dipasok oleh pabrikan ke tim peserta Formula 1 harus identik dengan spesifikasi yang disetujui oleh FIA di awal musim dan sama seperti yang digunakan oleh tim produsen.

Berdasarkan terjemahan bebas, peraturan pasal 23.5 dari regulasi balap F1 untuk tahun 2016 menyatakan bahwa: "Hanya unit mesin yang identik dengan mesin yang telah di setujui oleh FIA sehubungan dengan Appendix 4 dari peraturan ini dapat digunakan dalam balapan di musim kejuaraan tahun 2016 - 2020."

Hal ini memberikan udara segar bagi tim yang membeli mesin dari pabrikan lain seperti Marussia Manor yang akan menggunakan mesin Mercedes untuk musim balap tahun 2016 dan krusial bagi tim seperti Red Bull dan Toro Rosso yang masih mencari pemasok mesin yang kompetitif untuk musim balap selanjutnya. Meskipun peraturan tersebut menyatakan bahwa pabrikan seperti Mercedes atau Ferrari harus memberikan mesin dengan spesifikasi yang sama seperti tim utama mereka, peraturan tersebut tidak menyebutkan tentang pengaturan piranti lunak mesin dan penggunaan bahan bakar yang berbeda.

Walau ada kemungkinan bahwa peraturan tersebut bisa berubah, namun hal tersebut hanya dapat dilakukan berdasarkan persetujuan mutlak dari seluruh tim yang terlibat di musim balap 2016 dengan pengawasan dari FIA untuk alasan keselamatan yang dapat berlaku secara efektif tanpa pemberitahuan atau penundaan berdasarkan Pasal 1.2 dari regulasi Formula 1.

Gambar mesin McLaren - Honda (gambar:formula1.com)

Selain hal tersebut, perubahan peraturan teknis juga menyebutkan bahwa unit mesin pada mobil Formula 1 tahun depan akan memiliki 2 pipa gas buang dengan tujuan untuk memberikan suara mesin yang lebih keras dibandingkan pada mesin mobil F1 saat ini. Seperti pada gambar ilustrasi mesin Honda diatas, perubahan terletak pada komponen dengan warna biru dan merah (inset) sehubungan dengan adanya pipa gas buang dari wastegate turbo.

Penambahan pipa wastegate tersebut tidak memiliki batasan dalam hal penempatannya dan tidak akan memberi pengaruh dalam hal emisi mobil dan mungkin akan memberikan desain aerodinamika yang baru untuk mobil Formula 1 tahun depan.

Baca juga: