POPULAR STORIES

Tips Berkendara Motor Aman Bagi Pemula

Tips Berkendara Motor Aman Bagi Pemula Ilustrasi Safety riding (foto: laskar-suzuki.com)

Peningkatan intensitas kendaraan di Indonesia bisa dibilang semakin meningkat. Namun banyak pengendara sepeda motor yang masih mengabaikan keselamatan jiwa mereka di jalan. Kali ini kita akan membahas tips berkendara khususnya bagi pemula yang mulai menggunakan kendaraan sendiri.

Screen Capture laskar-suzuki.com

Nih tips safety riding bagi pengendara motor pemula yang telah dirangkum dari situs laskar-suzuki.com :

1. Persiapkan semua perlengkapan dalam berkendara seperti Helm standart, Jaket, sarung tangan, sepatu yang menutupi mata kaki, dan pelindung mata.

2. Lalu Cek kelengkapan kendaraan Anda seperti: Spion, Lampu sein, Lampu rem, Lampu utama, Klakson dan lainnya.

3. Dan yang wajib harus bawa Surat ijin mengemudi ( SIM ) dan Surat tanda Nomor kendaraan ( STNK ).

4. Pada pengendara pemula, kendala yang sering di temui adalah pengendara motor sulit melakukan manuver di tikungan. Saat tiba di belokan injak kuat – kuat Footstep motor pada         sisi ke arah tujuan belokan sambil mengarahkan stang kemudi secepat mungkin. Pertahankan posisi gas secara merata, lembut, dan konstan selama menikung.

5. Kendala lain yang sering di temui adalah kesalahan pada pengereman, Sering kita jumpai para pengendara motor melakukan pengereman dengan mengandalkan rem belakang saja.    Padahal hal ini akan mengakibatkan roda belakang sliding / ngepot, yang akhirnya berakibat fatal bagi pengendaranya, Pengereman yang baik dan aman adalah lakukan pengereman    dengan menggunakan rem secara bersama – sama dengan perbandingan rem depan 60% rem belakang 40%. Atau aplikasinya rem depan dulu di fungsikan di lanjutkan dengan rem    belakang.

Semoga bermanfaat bagi kita semua !

baca juga: