POPULAR STORIES

Tips Bore Up Yamaha Scorpio 225cc Menjadi 275cc

Tips Bore Up Yamaha Scorpio 225cc Menjadi 275cc (Dok. Istimewa)
Kabaroto.com - Kepengin mesin Yamaha Scorpio naik jadi 300 cc?, kapasitas silinder asli 225 cc harus didongkrak sekitar 75 cc lagi. Dan itu bisa dilakukan orang paham dan berani melakukan pembesaran. Tapi, yang awam juga boleh ikutan dan minta panduan dari mekanik.
Baca:
Membuatnya termasuk mudah, karena tidak sampai geser 4 baut silinder. Apalagi takut kehabisan daging liner di crankcase(mesin) setelah boring diganti ukuran lebih besar.
Tidak terlalu berat kalau naiknya kapasitas jadi 275 cc. Pasang liner dari mobil diesel dan disumpal piston YZF250 diameter 77,5 mm di setang piston standar. Alhasil, kalau dihitung pakai rumus volume silinder, jadinya sekitar 273,4 cc dan dibulatkan jadi 275 cc.
j
Pasang diameter piston 77,5 mm itu di Scorpio-Z idealnya pakai liner mobil diesel. Sebab selain material kuat, juga tahan temperatur tinggi. Apalagi sekarang media geseknya makin besar,” lanjutnya.
Kepala piston rata bikin kompresi rendah, karena memiliki pen piston berdiameter sama, yaitu 15 mm dengan standar. Hanya saja saat akan digandeng ke setang piston standar, bagian dalam badan piston atau tempat duduk setang dan pen piston atas perlu dipapas. Sekitar 2 mm kanan-kirinya.

Berita Terkait

Berita Terkait