POPULAR STORIES

Tips Gampang Bersihkan Jok Beludru Dan Plafon Mobil

Tips Gampang Bersihkan Jok Beludru dan Plafon Mobil Ilustrasi: Beginilah cara membersihkan jok beludru yang ada di mobil Anda (Foto: toyota.astra)

Ada cara gampang merawat dan membersihkan jok beludru di mobil Bro and Sist. Mau tahu caranya?

Mungkin hanya sebagian orang yang sangat memperhatikan kendaraannya mulai dari penampilan hingga bagian bagian lainnya. Merawat kendaraan yang kita miliki khususnya mobil memang gampang-gampang susah. Malah beberapa dari kita menggunakan jasa salon untuk membersihkan dan merawat mobil tersebut.

Apalagi kalau interiornya itu dilapisi dengan bahan yang berbeda seperti beludru. Cara membersihkan interior dengan bahan beludru memang ada triknya tersendiri agar tidak merusak bahan itu sendiri.

Nih trik mudah bersihkan jok serta plafon mobil kita yang berbahan beludru agar tak rusak.

Jok  Beludru
Pertama sediakan dulu alat alat yang dibutuhkan seperti sikat, lap bersih, cairan penghilang noda atau pembersih beludru yang bisa dibeli di toko aksesoris mobil dan vacum cleaner.

Sedot kotoran kotoran kecil yang ada di sela sela permukaan jok dengan vakum cleaner. Setelah itu semprotkan cairan pembersih noda yang telah dipersiapkan. Segera sikat bagian yangtelah di semprotkan dengan satu arah untuk menghindari kotoran menempel kembali di bagian yang telah disikat. Lakukan cara ini dari bagian per bagian.

Seperti yang dikutip dari toyota.astra.co.id, untuk noda yang agak membandel, cara ini bisa diulangi beberapa kali hingga bersih. Setelah disikat, bersihkan dengan menggunakan lap bersih. Langkah tersebut merupakan proses terakhir membersihkan jok.

Kalian tidak bisa langsung menikmatinya karena harus dijemur dulu hingga kering. Idealnya jok dilepas dan dijemur diterik matahari atau dengan membuka semua pintu mobil agar tak bau. Proses pengeringan membutuhkan waktu sekitar 3 jam.


Plafon
Bersihkan plafon dengan menggunakan air tetapi jangan sampai berlebihan, lalu gosok dengan lap yang tak terlalu basah. Kalian harus tahu bahwa lapisan luar plafon berbahan sejenis kain wool dan bila kena air, lapisan di atas wool akan menjadi lembab.

Jika ini terjadi dapat menimbulkan bau yang tak sedap serta akan timbul jamur. Saat pengeringan jangan gunakan vacum cleaner karena dapat mengakibatkan efek gelembung.

Baca Juga: