POPULAR STORIES

Tips Ganti Lampu Standar Motor

Tips Ganti Lampu Standar Motor lampu motor (foto: ist)

Bro n sist yang ingin mengganti lampu standar sepeda motor sebaiknya tidak mengganti dengan lampu halogen yang voltasenya lebih 35 watt. Menurut Anto, mekanik bengkel Tunas Baru Motor di jalan Akses UI No. 9F Depok, lampu halogen yang dipasang di motor bisa menyebabkan reflektor lampu rusak. Pada dasarnya lampu standar sepeda motor di dalamnya terdapat filamen tungsten yang dibungkus dengan kaca berisi gas Nitrogen, Argon dan krypton.

Lampu halogen memang bisa menyala lebih terang ketimbang lampu standar bawaan motor, tetapi lampu halogen membutuhkan suhu yang lebih tinggi walaupun dengan watt yang sama bagi lampu biasa untuk beroperasi dengan normal. Efeknya reflektor atau sarang lampu yang semula mengkilap bisa terlihat pudar karena panas lampu membuat reflektornya meleleh atau minimal gosong di bagian atas lampunya. Di musim hujan, bro Anto menyarankan boleh menggunakan lampu halogen tetapi voltasenya maksimal 25 watt.

Khusus untuk lampu rem, kemungkinan putus bisa terjadi karena rusaknya switch rem. Jika sinyal lampu rem sama sekali tidak menyala artinya switch rem baik pada bagian kaki dan bagian tangan sudah rusak.