POPULAR STORIES

Tips Memeriksa Kondisi Motor Sehabis Mudik

Tips Memeriksa Kondisi Motor Sehabis Mudik ilustrasi perawatan sepeda motor (foto: KabarOto/wahana)

Tradisi mudik sudah sangat melekat di indonesia. Melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman terkadang melewati puluhan bahkan ratusan kilometer. Karen itulah diperlukan kondisi fisik yang prima dan kondisi motor yang dipakai dalam keadaan selalu baik.

"Memeriksa kondisi motor amatlah sangat dianjurkan selepas mudik. Karena motor yang dipakai sudah melampaui perjalanan jauh, tentunya diperlukan service ke bengkel atau sendiri, dan jika ada part yang sudah rusak segera diganti dengan yang baru," pungkas Ade Anugerah, Pic Honda Community Banten dari PT Mitra Sendang Kemakmuran (MSK), Main Dealer Honda Banten.

Nah, bagi Bro n sist yang habis melakukan perjalanan mudik, berikut ada beberapa Tips memeriksa kondisi motor sehabis mudik, yang bisa dilakukan sendiri ataupun harus segera datang ke bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan dan perawatan motor bro n sist.

1. Cek Oli Motor
Cek kondisi oli motor anda dengan mengetahui tingkat kekentalannya. Penting diketahui bahwa oli di mesin motor akan berubah warna menjadi hitam pekat setelah melakukan perjalanan jauh. Untuk itu gantilah oli dengan yang baru.

2. cek Busi
Performa mesin dipengaruhi oleh kondisi busi. Biasanya busi yang masih bagus pengapiannya masih terlihat biru. Bersihkan kerak yang menempel pada busi, dan  jika diperlukan gantilah busi dengan yang baru. Umur busi dianjurkan pemakaiannya tidak melebihi 3000km.

3. Cek Kondisi Rem
Lakukan pengecekan rem depan dan belakang, hal ini amatlah sangat penting dilakukan karena fungsi dari Rem yang sangat vital. Rem depan bisa di cek dengan melihat mulai dari kemampuan rem, kondisi disk atau piringan cakram, volume minyak rem, dan cek kondisi keausan sproket kalau Rem masih tromol.

4. Cek Rantai dan Gir
komponen yang satu ini tidak boleh terlewatkan. Rantai dan Gir merupakan komponen yang sangat penting juga mengingat fungsi dan pemakaian yang menunjang kinerja dari sepeda motor. Segera cek kondisi rantai, kalau kendur kencangkan. Bila sudah terlalu kendur maka dianjurkan ganti dengan yang baru. Sama halnya dengan rantai, Gir juga amat perlu di cek, biasanya Gir yanng sudah aus itu terlihat tajam pada bagian ujungnya. Ganti Gir dengan yang baru bila di perlukan apabila sudah tajam dan berbunyi kasar. Kedua komponen ini sangat di anjurkan untuk diganti satu set, selain aman untuk digunakan, juga mudah untuk dipasang.

5. Cek Aki atau sistem kelistrikan
Lihat kondisi aki yang biasanya tersimpan di dalam bagian motor. Kondisi Aki yang masih bagus pastinya mempengaruhi kinerja kelisrikan pada motor. Aki yang sudah soak biasanya berawal dari adanya kerak putih yang menempel pada elektroda atau bagian atas aki. untuk mengecek sistem kelistrikan bisa dengan memeriksa lampu-lampu, termasuk klakson.

Baca juga: