POPULAR STORIES

Tips Memilih Ban Motor Sesuai Dengan Kebutuhan Anda

Tips Memilih Ban Motor Sesuai Dengan Kebutuhan Anda Jenis jenis ban motor (foto : Istimewa)

Bro n sist para bikers, terkadang kita sedikit kesulitan ketika akan memilih dan mengaplikasikan ban motor yang akan kita gunakan, baik ban yang kita gunakan untuk sehari hari maupun untuk kita gunakan di ajang balapan atau sirkuit. Berikut beberapa tips untuk memilih ban yang akan kita gunakan sesuai dengan kebutuhan.

1 Ban Sport (bukan untuk balapan)
Memiliki grip atau daya cengkram yang luar biasa, jarak tempuh hanya 1.000 mil (1.600 km) atau kurang. Tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada saat menikung, Ban ini bisa beroperasi pada suhu yang tinggi dan memiliki tingkat cengkraman meningkat, seiring dengan suhu ban.

Tidak aman digunakan di jalan umum, karena daya cengkram ban ini baru efektif ketika suhu ban tinggi, dan mungkin Anda sudah sampai ke tempat tujuan sebelum suhu ban menjadi panas. Di lintasan balapan, ban ini dipanaskan dengan alat pemanas untuk menghasilkan daya cengkram yang maksimal.

2 Ban Sport Touring
Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport, daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport, daya tikung tidak sebagus tipe ban sport, bagus untuk track yang lurus juga bagus digunakan untuk perjalanan antar kota (jarak jauh) atau touring.

Ban biasanya terbuat dari karet keras untuk daya tahan yang lebih lama, pada suhu tinggi daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport dan sport touring. Pada suhu lebih rendah, daya cengkram lebih baik dibanding suhu tinggi, dan lebih cocok untuk mengendarai dalam kondisi dingin atau musim dingin. Sedangkan tipe ban sport mungkin tidak pernah mencapai suhu operasi optimal.

3 Ban Cruiser
Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport, daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport.

4 Ban Scooter
Jenis ban yang digunakan oleh skutik seperti vespa yang spesifikasinya sudah sesuai dengan ukuran pada kendaraannya.

5 Ban On atau Off Road
Ban tipe off road memiliki tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkaraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil. Jenis ban off road tidak stabil pada jalan aspal.

6 Ban Racing
Ban sport atau racing cocok untuk balapan, tekstur segitiga di ban lebih banyak (semakin banyak semakin kuat daya cengkram), tipe ban racing dibuat dengan kare yang lebih lembut, dan ban ini tidak cocok digunakan di jalan umum karena cepat kehilangan daya cengkram. Dibuat menggunakan bahan karet yang lebih lembut ketimbang tipe ban lain, tidak cocok digunakan dalam keadaan basah, karena akan kehilangan daya cengkram. Tidak cocok digunakan pada musim dingin, semi dan gugur.

Bagi bro n sist yang akan menggunakan ban untuk kendaraannya, tulisan di atas mungkin berguna sebagai panduan dalam memilih ban. Sebenarnya masih ada macam-macam tipe ban motor yang belum disebutkan, seperti ban rantai (chain wheel), ban berduri (spike wheel), dan yang lainnya.

Baca Juga: