POPULAR STORIES

Tips Merawat Kolong Motor Jelang Musim Pehujan

Tips Merawat Kolong Motor Jelang Musim Pehujan Jangan menganggap sepele kotoran pasir, tanah bercampur oli yang terdapat di kolong kendaraan motor, karena akan mengakibatkan kerusakan pada baut (Foto: KabarOto/Ahmad Djainudin)

Merawat kendaraan adalah kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pengguna kendaraan sepeda motor. Jangan dibiarkan terlalu lama untuk merawat atau membersihkan bagian bagian kendaraan yang agak sulit di jangkau oleh tangan kita sendiri. Lalu, bagaimanakah tips merawat motor dibagian kolong? Ini tips berikut.

Kabaroto coba memberikan gambaran bagi kendaraan motor yang jarang dibersihkan bagian kolong kendaraan Anda, terkadang bagian kolong kendaraan tersebut mengalami kebocoran pada bagian seal di bak oli mesin maupun lubang baut pembuangan oli mesin, yang mengakibatkan rembesan pada bagian bawah, dan akan nampak jorok karena tumpukan tanah atau pasir bercampur dengan rembesan oli pada motor.

"Sebaiknya bagian bawah kolong motor dibersihkan setiap 2 minggu sekali, terlebih lagi pada saat musim pehujan lebih sering kita bersihkan akan semakin baik dan kendaraan kita akan semakin bersih. Lebih seringlah mengecek bagian bawah motor untuk mengetahui keadaan pembuangan oli mesin, apakah ada kebocoran atau tidak," ungkap Mardi kepada kabaroto.

Selain Bro and Sist harus lebih memperhatikan bagian bagian kolong kendaraan, Bro and Sist juga harus lebih sering memperhatikannya dengan cara lebih sering mencuci dan membersihkan dengan minyak tanah atau bensin untuk merontokkan kerak yang kerap mengotori bagian bawah motor, dan cepat memperbaiki apabila ada seal yang sudah kendur ataupun rusak.

Jangan menganggap sepele kotoran pasir, tanah bercampur oli yang terdapat di kolong kendaraan motor, karena akan mengakibatkan kerusakan pada baut dan lubang pembuangan oli mesin motor. Semoga bermanfaat dan menjadi acuan untuk lebih memperhatikan kendaraan kesayangan Bro and Sist.

Baca Juga: