POPULAR STORIES

Tips Mudik Aman Naik Motor

Tips Mudik Aman Naik Motor Ilustrasi Service. Saat akan berangkat ada baiknya anda mengganti oli dan saat tiba di tempat mudik, ganti oli tersebut. (Foto KabarOto/Bimo Hariyadi)

Mudik dengan menggunakan motor belakangan mulai diminati oleh masyarakat Indonesia. Tidak peduli jarak yang ditempuh, yang penting sampai di kampung halaman untuk bertemu sanak keluarga. Ini tips mudik aman.

Namun bro and sis jangan gegabah, persiapan harus dilakukan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan mudik. Berikut salah satu kepala Mekanik bengkel CMS di Purwakarta memberikan tips melakukan perjalanan mudik agar motor tetap prima sebelum dan sesudah mudik.

1. Saat akan berangkat ada baiknya anda mengganti oli dan saat tiba di tempat mudik, ganti oli tersebut. Dan setelah melakukan perjalan pulang ganti oli lagi. Ini dimaksudkan agar oli tetap melumasi mesin dan menjaganya agar tetap sehat.

2. Pastikan perangkat motor berfungsi dengan baik. Lampu sen, lampu rem, rem depan dan rem belakang harus diperiksa dan harus berjalan sesuai dengan fungsinya. Ini dimaksudkan agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan selama perjalanan berangkat dan pulang.

3. Perhatikan kondisi ban. Karena kecelakaan paling banyak terjadi karena faktor ban yang sudah usang atau tipis. Jika ban anda sudah ada tanda-tanda minta diganti, gantilah segera.

4. Lakukan perawatan dengan service karburator minimal dan melihat kondisi busi. Ini menghindari gangguan yang disebabkan karburator yang kotor sehingga bensin tidak berfungsi dengan baik.

Demikian tips sebelum melakukan perjalanan mudik, semoga bermanfaat.

Baca Juga: