POPULAR STORIES

Tips "Rebah" Di Tikungan

Tips "Rebah" di Tikungan Saat akan rebah di tikungan di sirkuit (foto: ist)

Rebah saat menikung menggunakan motor, memang sangat menyenangkan, memacu adrenalin bahkan membuat diri kita bangga, namun sebelum melakukan hal tersebut sebaiknya perhatikan tips dari Tony Purnama, Tony Purnama , Safety Riding Promotion Head PT. Wahana Makmur Sejati ( Dealer Sepeda Motor Honda, Jakarta- Tangerang ). berikut ini.
Pastikan tikungan didepan.

 

inilah tikungan yang enak buat rebah (foto: ist)

Jika anda berada dalam tikungan yang memiliki blindspot, pasti anda akan ragu apakah tikungan itu menyempit,melebar, atau tidak berubah. Sebelum melakukan hal tersebut, pastikan anda melihat kedepan, sampai titik dimana terlihat dua sisi jalan seakan menyatu, Jika titik tersebut seakan tetap tidak bergerak, berarti tikungan tersebut tidak berubah. Jika titik tersebut seakan bergerak mendekati kita, bisa dipastikan tikungan itu akan menyempit, yang terakhir, jika titik itu seakan menjauh dari kita, berarti tikungan itu akan melebar.
Selalu lihat yang dituju. 

Ada mobil yang masuk jalur anda, ada tikungan sempit di depan anda, atau apapun itu rintangan yang ada didepan anda, dan anda ingin menghindari rintangan itu, pastikan selalu melihat kemana jalur yang aman yang akan dituju, jangan sekali-kali terlalu lama memperhatikan rintangan yang ada. Melihat kemana jalur akan dituju membuat secara refleks diri anda dan motor anda akan menuju ke jalur yang anda lihat. 

Yakin dengan kondisi ban dan jalan.
Pastikan juga kondisi kelayakan ban yang kita gunakan apakah kembangan ban masih dalam kondisi bagus atau tidak, juga kondisi jalan pada saat tikungan apakah berpasir, licin atau tidak.

Kecepatan Menikung.
Terakhir kecepatan saat menikung, apabila pengendara ingin menikung rebah maka kecepatan saat menikung juga harus dalam kecepatan yg tinggi, agar keseimbangan sepeda motor terjaga, karena ini menjadi factor penting ketika seorang pengendara ingin melakukan menikung secara rebah, Jika tips ini dilatih dan dilakukan, dijamin keselamatan diri saat berkendara, khususnya saat berada di tikungan.

Baca juga: