POPULAR STORIES

Tips Tingkatkan Performa KLX 150 Tanpa Menghilangkan Garansi Resmi

Tips Tingkatkan Performa KLX 150 Tanpa Menghilangkan Garansi Resmi Tips memodifikasi dan meningkatkan performa Kawasaki KLX 150. (Foto: Istimewa)

Bagi sebagian orang yang gemar modifikasi dan ngoprek mesin, garansi pabrik atau dealer tidak ada artinya meskipun motor baru dibeli dan STNK belum keluar. Garansi pabrik/dealer masih tetap menjadi pertimbangan utama. Eko Wahyu S memberikan cara meningkatkan performa Motor Trail KLX 150 tanpa menghilangkan garansi resmi. Dan menjadikan motor tersebut bisa kuat digeber di perbukitan atau lumpur dan tetap nyaman di jalan raya.

Performa mesin Kawasaki KLX 150 ini sudah sangat memadai untuk kebutuhan tersebut, asalkan tidak untuk lomba. Untuk tujuan adventure, motor dual purpose ini sangat pas sekali. Kita hanya perlu menyesuaikan atau mengganti beberapa komponennya dan performa keseluruhan KLX 150 sudah bisa digenjot.


Gear Depan Belakang

Rasio sprokret depan belakang adalah hal yang mesti diperhatikan untuk meningkatkan performa. Rasio final gear mesti di perbesar, bisa dengan mengganti gear belakang atau gear depan.

Berikut ini perbandingan rasio adalah sebagai berikut: Rasio standar bawaan pabrik adalah 14 : 44 sehingga final gear rasio adalah 3.142857

Ada beberapa alternatif penggantian gear belakang yang dapat dipilih misalnya:

14 : 47 final gear rasio menjadi 3.357143 naik dari rasio standar, cukup bagus untuk menaikkan torsi tanpa mengorbankan top speed.
14 : 48 final gear rasio menjadi 3.428571 naik dari rasio standar, sangat bagus menaikkan torsi top speed mungkin akan turun tapi tidak signifikan.
14 : 50 final gear rasio menjadi 3.571428 naik dari rasio standar, menaikkan torsi secara ekstrim tapi top speed akan dikorbankan dan pasti boros bensin.

Yang menjadi masalah saat ini adalah gear belakang untuk KLX150 belum ada di paaran. Cara yang mudah ditempuh adalah menggunakan gear motor lain dengan merubah lubang baut dengan cara bubut, dgn resiko kalau gak presisi jadi brantakan.

Alternatif lain dengan merubah gear menurut Eko adalah:
13 : 44 final gear rasio menjadi 3.384615 naik dari rasio standar, sangat manis untuk menaikkan torsi tanpa mengorbankan top speed. Lihat perbandingannya dengan rasio diatas, berada diantara 14 : 47 dan 14:48.
Kelebihan lain dari perubahan ini, gear depan dengan gigi 13 sama dengan gear kawasaki kaze, banyak ada di dealer kawasaki, plus perubahan ini tidak mengharuskan ganti rantai.


Kaki-kaki
Selanjutnya yang perlu disesuaikan adalah kaki-kaki. Agar lebih dapat mencengkeram dan menapak dengan sempurna di tanah apalagi tanah berlumpur ban perlu diganti dengan gigi-gigi yang lebih jarang dan dalam. Alternatif yang bisa dipakai adalah ban Kenda, Swallow Terra Cross atau ban lain yang sesuai dengan kemampuan budget.


Knalpot
Knalpot juga bisa memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam meningkatkan performa. Dengan mengganti knalpot standar dengan knalpot freeflow macam AHRS, R9 atau knalpot racing lain yang banyak di pasaran, peningkatan performa dapat dapat dicapai dengan cukup signifikan.


CDI
Elanjutnya komponen yang bisa diganti tanpa menghilangkan garansi pabrik adalah CDI. Seperti diketahui, CDI KLX bawaan pabrik mempunyai keterbatasan dengan dipasangnya limiter sehingga mentok hanya sekian RPM saja, tidak bisa lebih dari itu. Jika diganti dengan CDI Aftermarket semisal BRT, kemungkinan performa akan dapat ditingkatkan lagi secara signifikan.


Karburator
Mengganti karburator dengan karburator yang lebih besar bisa menambah pasokan bahan bakar ke dalam mesin sehingga otomatis peningkatan kinerja dapat diperoleh lagi secara signifikan. Yang perlu diingat adalah, jika settingan karburator tidak pas maka justru akan mempersulit pengemudi karena biasanya pergantian karburator yang lebih besar harus mengubah settingan intake maupun exhaust system di dalam mesin. Pilihan untuk karburator sementara bisa ditinggalkan dulu.

Baca Juga: