POPULAR STORIES

Tommi Mäkinen Pimpin Tim Toyota GAZOO Racing Di WRC 2017

Tommi Mäkinen Pimpin Tim Toyota GAZOO Racing di WRC 2017 Direktur Utama Toyota, Akio Toyoda dan Tommi Makinen (Foto: newsroom.toyota.co.jp)

Toyota GAZOO Racing telah mantap untuk kembali dalam kancah balap WRC 2017 bersama pereli legendaris asal Finlandia, Tommi Mäkinen sebagai kepala pelaksana tim balap. Sedangkan, Direktur Utama Toyota, Akio Toyoda juga akan terlibat sebagai penangung jawab tim.

Toyota berharap dengan melibatkan Tommi Mäkinen yang meraih 4 kali juara WRC selama 18 tahun karirnya akan memberi kekuatan baru dalam hal manajemen dan pengembangan kendaraan hingga debutnya di tahun 2017 nanti.

“Sebagai puncak dari kejuaraan reli, WRC merupakan kompetisi terbaik untuk menguji kendaraan di dunia. Itu sebabnya Toyota akan kembali di kejuaraan tersebut. Dan, saya sungguh gembira dengan hadirnya Tommi Mäkinen dalam tim WRC kami,” ujar Akio Toyoda.

Seperti yang dikutip dari newsroom.toyota.co.jp, menurut Akio, Tommi memiliki berbagai pengalaman dan ide segar untuk pengembangan kendaraan, dan keduanya merupakan hal yang berharga baginya. Setelah berbicara dengan Tommi, dirinya merasa ingin bekerja dengannya

"Saya mau dia membantu kami membuat mobil yang lebih baik,' dan itu sebabnya saya datang untuk meminta dukungannya dalam tim ini. Dengan Tommi dibelakang kami, Toyota akan maju ke depan dengan kembalinya kami ke WRC dan juga semakin maju dalam membuat mobil yang lebih baik lagi,” lanjutnya.

Seperti yang diketahui bahwa kiprah Tommi Mäkinen dalam WRC selama lebih dari 18 tahun (1985-2003) telah memenangkan 24 kejuaraan reli bersama Mitsubishi dan meraih juara dunia WRC 4 kali berturut-turut di tahun 1996-1999. Selain bersama Mitsubishi, ia juga memenangkan WRC bersama Subaru World Rally team di tahun 2002, dan pensiun di WRC di tahun 2003.

Baca Juga: