POPULAR STORIES

Trik Merawat Ban Serep Mobil

Trik Merawat Ban Serep Mobil ban serep mobil (foto:ist)

Sarung atau cover ban serep memiliki berbagai macam model dan design yang sangat penting untuk menutup atau melindungi hardcover ban serep agar tidak lecet – lecet. Sarung ban serep juga perlu diganti secara berkala agar hardcover ban serep mobil atau ban serep tetap terlindungi. Meski begitu banyak pemilik mobil lebih suka tidak memasang sarung ban serep, seperti pada mobil jenis jeep.

Model sarung ban serep ada yang permanen, terbuat dari bahan cetakan seperti melamin atau fiber, dan ada yang dari kalep atau plastik. Bro n sist yang memiliki sarung ban serep dari bahan cetakan sejenis fiber, sebaiknya melakukan pengecekan ban minimal seminggu atau dua minggu sekali. Ban yang tidak digunakan pun dalam waktu tertentu anginnya bisa berkurang. Pengecekan ban ini penting dilakukan untuk menghindari kondisi ban serep kurang angin. Lain halnya ban serep yang ditutup dengan sarung kalep, pengecekan tinggal dilakukan dengan memukul-mukul bagian luarnya saja.

Ban serep sendiri harus mendapatkan perawatan agar siap ketika digunakan. Perawatan yang dilakukan dengan memeriksa secara rutin minimal 1 bulan sekali. Tekanan angin di ban serep mobil bisa berkurang karena penguapan, dan sebaiknya diisi kembali dengan tekanan dinaikkan 2 psi dari spek pabrik. Selain itu cek kondisi fisik ban serep apakah ada tanda-tanda kerusakan ban seperti ban retak, ban kempis, ban getas, ban benjol, ban sobek, terutama untuk ban cadangan yang berada di bagian bawah mobil atau bagian belakang mobil. Perhatikan juga umur ban serep maksimum 5 tahun dari waktu pembuatan ban.