POPULAR STORIES

Tuna Netra Tak Menghalangi Pria Ini Punya Bengkel Sendiri

Tuna Netra Tak Menghalangi Pria Ini Punya Bengkel Sendiri Mekanik buta asal Yaman bernama Ibrahim Yusuf. (sumber: Al Jazeera)

KabarOto.com - Kekurangan fisik tak menjadi halangan bagi pria asal Yaman bernama Yusuf Ibrahim untuk terus mencari nafkah. Meski tunanetra, dia tetap semangat untuk membuka bengkel sendiri.

Seperti dilansir Al Jazeera Plus, Selasa (19/12/2017), Yusuf mengalami kebutaan sejak kecil. Meski demikian, dia tak ingin kekurangannya itu menjadi penghalang untuk terus mencari nafkah.

Baca Juga:

"Saya memulai karier ini ketika saya memikirkan tentang orang-orang yang bekerja dan pulang secara teratur, dan saya merasa orang memandang saya seolah-olah saya kurang dari mereka," kata Yusuf.

Ketekunan Yusuf berbuah hasil manis. Bengkel mobil miliknya kini memiliki banyak pelanggan setia. Setiap hari, setidaknya ada dua sampai tiga mobil yang dia perbaiki.

"Dia rajin dalam pekerjaannya, mengapa? Karena dia memiliki keluarga, saya adalah salah satu tetangganya, dan dia memenuhi kebutuhan keluarganya dan memperjuangkan keluarganya sebanyak mungkin meskipun berada dalam situasi ini," kata salah satu tetangganya.

Pada tahun 2015, ada sekitar 3 juta orang penyandang difabel di Yaman. Negeri itu dilanda perang selama lebih dari dua tahun sehingga membuat akses terhadap layanan sangat sulit.

"Saya dalam situasi terbaik sekarang, karena saya percaya diri untuk kembali, berjalan-jalan, melakukan pekerjaan saya sendiri, dan saya melayani diri sendiri dan pergi sendiri. Ini adalah berkah yang besar," ujar Yusuf.